Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Tawakkal Kepada Allah SWT

Tawakkal Kepada Allah SWT


Seperti kita ketahui bersama wahai ummah Muhammadiyah didalam kehidupan kita penuh dengan ujian dan cobaan dari Allah ta’la, dan kita sebagai manusia harus siap menerima apapun keputusan Allah didalam perjalanan hidup kita, kita harus tawakkal dan berserah diri penuh kepadanya.

Allah SWT berfirman : Sebab itu bertawakkalah kepada Allah, sesungguhnya kamu berada di atas kebenaran yang nyata ( An Naml 79 ).
Kita bisa fahami dari ayat yang mulia diatas Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk selalu bertawakkal kepada semua keputusannya, karena semua keputusan Allah adalah benar, nyata, dan mempunyai hikmah dibalik itu, dan Allah sangat menyukai orang-orang yang bertawakkal, seperti dalam firmanNya. Allah SWT berkata : Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya ( Ali ‘Imran 159 )

Hanya kepada Allah sajalah kita betawakkal. Allah SWT Berfirman : Dan bertawakkalah kepada Allah, dan hanya kepada Allah sajalah orang-orang mukmin itu harus bertawakkal. ( Al Maa’idah 11 ).
Kalau kita ingin benar-benar menjadi seorang muslim yang mu’min berserahlah kepadanya jadikan Allah SWT Pelindung didalam semua kehidupan kita. Allah SWT berkata : Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal, jika kamu benar-benar orang yang beriman. ( Al Maa’idah 23 ).
Allah SWT berkata : Dan tawakkalah kepada Allah. Cukuplah Allah menjadi Pelindung.( An Nisaa’ 81 ). Nabi Muhammad SAW Berkata : Apabila kalian bertawakkal kepada Allah sebenar-benarnya bertawakkal Niscaya Allah SWT akan memberikan rizki kepada kalian seperti Allah SWT memberikan rizki kepada burung yang berangkat pagi masih lapar dan pulang telah kenyang.
Nabi Ibrahim berkata : Hasbunallah wa ni’mal wakiil ketika beliau akan dilemparkan kedalam api, ini tawakkal yang begitu tinggi yang dicontohkan para nabi.
Nabi Muhammad SAW dan orang-orang yang beriman pun berkata yang sama ketika Ayat berkata kepada mereka : (Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.( Ali ‘Imran 173 ).
Berkata orang-orang Sholeh : Siapa orang yang Rido’, menerima menjadikan Allah SWT sebagai pelindungnya dan bertawakkal kepadanya maka dia akan mendapatkan jalan kebaikan.

Arti Tawakkal sendiri adalah Meyakinkan hati kita bahwa semua urusan berada didalam kekuasaan Allah SWT.

Insan manusia yang memuliakan Allah SWT, mari bersama kita saling mengingatkan atas diri kita kekurangan pada diri kita mari bersama kita benar-benar berserah diri kepadanya, mudah-mudahan kita menjadi orang-orang yang benar-benar bertawakkal kepada Allah SWT. Hasbunallah wa ni’mal wakiil.


Habib Muhammad Syahab
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger