News Update :
Home » » Taqwa

Taqwa

Taqwa itu adalah wasiat Allah SWT  untuk pendahulu kita ataupun sampai saat ini. Bagaimana yang di dalam Firman Allah SWT  di dalam Surat An-Nisa yang artinya adalah “Sesungguhnya telah Allah SWT wasiatkan pada ahli kitab sebelum engkau, sebelum Nabi Muhammad SAW dan juga sebelum pada Nabi-Nabi sebelumna untuk selalu bertaqwa kepada Allah SWT." 

Kenapa? 

Karena tidak ada kebaikan yang cepat ataupun lambat yang terlihat ataupn yang tidak terlihat itu kebaikan-kebaikan terkumpul di dalam taqwa kepada Allah SWT  dan taqwa ini adalah taqwa menuju jalan kebaikan dan kebaikan dari Allah SWT, dengan bertaqwa maka akan mendapatkan kebaikan dari Allah SWT.

Wasillah kita mendapatkan kebaikan yaitu kita bertaqwa kepada Allah SWT, dan tidak ada kejelekan yang cepat ataupun lambat yang tampak ataupun tidak tampak, taqwalah yang dapat membentengi kejelekan-kejelekan tersebut dan taqwalah yang dapat menjauhkan kita dari kejelekan-kejelekan.dari kejelekan-kejelekan maksiat kepada Allah SWT. 

Dengan taqwa kita di bentengi oleh Allah SWT dan selamat dari kejelekan-kejelekan tersebut ini di akibatkan kita bertaqwa dengan Allah SWT.

Hancurnya umat terdahulu seperti kaum Saba karena mereka tidak mensyukuri atas nikmat-nikmat yang Allah SWT telah berikan kepada mereka. 

Oleh karena itu Allah SWT mengulang-ulangi sampai 33 kali didalam surat ArRohman ayat yang berbunyi “nikmat apalagi yang kalian dustakan” karena bersyukur merupakan bukti dari ketaqwaan kita kepada  Allah SWT.

Al imam Abdulmalik Al Qusyairi ra berkata “Bukanlah orang yang takut kepada Allah SWT itu adalah orang yang takut hingga menangis dan mengusap air matanya akan tetapi orang yang takut kepada Allah SWT adalah orang yang takut berbuat sesuatu yang mana perbuatan itu akan menyebabkan turunnya azab dari Allah SWT.”

Sementara itu, Imam Ali bin Abi talib pernah berkata  ciri-ciri orang yang bertaqwa adalah
1.) Takut kepada Allah SWT
2.) Mengamalkan ajaran-ajaran yang ada di AlQur’an
3.) Rela Menerima apa adanya terhadap apa yang Allah SWT berikan kepada kita
4.) Bersiap-siap menghadapi kematian



Habib Hasan Bin Ja’far Assegaf
Share this article :

Poskan Komentar

 
Managed by Remaja Musholla RAPI | Supported by Twitter @mushollarapi | Powered by Blogger