Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Keras Hati

Keras Hati

Keras hati merupakan suatu sifat yang sangat tercela, maka berhati-hatilah kita dari salah satu sifat penyakit hati ini, sebab apabila hati sudah keras, hati tersebut tidak mau lagi menerima nasehat agama.

Hatinya tidak merasa takut apabila dingatkan dengan ancaman Allah, tidak takut dengan neraka Allah. 

Ia akan merasa bahwa dirinya selalu benar, ketika di ingatkan dengan kematian tidak takut seakan-akan dia tidak akan mengahapi kematian.

Sesuai dengan perkataan Ulama, apa bila hati telah mati tidak akan manfaat lagi nasehat agama diibaratkan seperti tanah yang terlalu asin tidak bisa lagi ditanami dengan tumbuh-tumbuhan. 

Rasul SAW Mengatakan dalam hadist nya yang mulia :



Sesuatu yang bisa menyebabkan seseorang jauh dari Allah SWT adalah sifat keras hati sifat ini sangat berbahaya apa bila kita tidak berusaha untuk menghidarinya.

Rasul SAW juga mengatakan dari lisannya yang mulia :



Ada empat sifat yang sangat berbahaya dan sifat ini menjauhkan dia dari Tuhannya 

yang pertama keras hatinya, 

yang kedua tidak pernah menangis karena Allah, 

yang ketiga rakus akan dunia, 

yang keempat banyak angan-angannya tentang dunia tidak mengingat dia akan meninggalkan dunia ini. 

Berhatil-hatilah wahai manusia dengan sifat yang empat ini berusahalah semaksimal mungkin terhindar di dalam diri kita sifat yang tadi disebutkan oleh baginda nabi besar Muhammad SAW. 

Apa bila hati telah keras pula wahai kaum muslimin dan muslimat, maka akan menimbulkan kelalaian kita ibadah kepada Allah, doapun dari orang yang lalai tidak akan diterima oleh Allah.

Nabi Muhammad SAW mengatakan, Allah sangat tidak suka dengan hati yang selalu lalai

Mudah-mudahan Allah SWT mengampuni semua dosa-dosa kita dan memelihara kita dan keluarga kita dari sifat-sifat yang tercela yang tidak  mendapatka rido Allah dan rosulNya. Aamiin Yaa Rabbal'Alamiin.




Habib Muhammad Syahab
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger