Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Para Syuhada Agung Karbala (2)

Para Syuhada Agung Karbala (2)

4. Abu Fadhl Abbas Bin Ali - Al Qomar Bany Hasyim (Pemegang Panji Karbala)

Abul Fadhl Abbas bin Ali bin Abi Thalib, ibunya bernama Ummul Banin binti Hizam bin Khalid bin Rabi’ah bin Wahid Al-’Amiri. Abbas adalah anak Imam Ali yang pertama dari Ummul Banin. 

Beliau adalah seorang pemuda tampan yang gemar menunggang kuda gemuk dan besar, sedang kedua kakinya menggeser di tanah. Abbas. juga dikenal dengan sebutan Qamaru Bani Hasyim ( Purnama Bani Hasyim ). 

Dalam tragedi Karbala beliau mendapat tugas sebagai pemberi air minum. Sewaktu beliau gugur, panji Al-Husain as. ada di tangannya. Beliau merupakan orang terakhir yang gugur dari saudara-saudara kandungnya. Pembunuhnya adalah Zaid bin Raqqad Al-Janbi dan Hakim bin Thufail Al-Tha’i Al-Nabsi. Kedua orang ini mendapatkan luka kutukan di tubuh masing-masing.

5. Abdullah Bin Ali

Abdullah bin Ali bin Abi Thalib, ibu beliau bernama Ummul Banin binti Hizam. Pada saat terbunuh usia beliau 25 tahun. Kakaknya bekata kepadanya, “Majulah ke depanku, supaya aku dapat mengawasimu! ..” Beliau dibunuh oleh Hani bin Tsubait Al-Hadhrami. Pendapat lain mengatakan bahwa pembunuhnya adalah Khauli bin Yazid Al-Ashbahi dengan panahnya yang dilanjutkan dengan tebasan pedang seorang dari Bani Tamim.

6. Jafar Bin Ali

Ja’far bin Ali bin Abi Thalib as., ibunya bernama Ummul Banin. Usianya ketika terbunuh sembilan belas tahun. Pembunuhnya adalah Khauli bin Yazid Al-Ashbahi. Pendapat lain menyebutkan Hani bin Tsubait Al-Hadhrami.

7. Utsman Bin Ali

Utsman bin Ali bin Abi Thalib, ibunya bernama Ummul Banin binti Hizam. Ketika terbunuh usianya 21 tahun. Khauli bin Yazid Al-Ashbahi melemparnya dengan panah hingga melemah. Lalu seorang dari Bani Abban bin Darim menebas kepalanya. 

Utsman inilah yang dalam riwayat disebutkan bahwa Imam Ali as. berkata, “Anak ini kuberi nama Utsman, nama saudaraku Utsman bin Madh’un. Dalam riwayat lainnya, Hubairah bin Murim mengatakan, “Ketika kami sedang duduk bersama Imam Ali as., Imam Ali As memanggil anaknya yang bernama Utsman lalu berkata, “Aku tidak memberinya nama Utsman si khalifah, tetapi nama saudaraku Utsman bin Madh’un.”

8. Abu Bakar Bin Ali

Abu Bakar bin Ali bin Abi Thalib, ibunya bernama Laila Darimariyah. Ketika terbunuh usianya belum genap 20 tahun. Pembunuhnya bernama Fudhail Al-Azdi.

9. Abu Bakar Bin Hasan Bin Ali

Abu Bakar bin Hasan Bin Ali adalah Seorang pemuda tertua putra Imam Hasan As yang saat di karbala usia beliau masih 16 Tahun.

10. Qasim Bin Hasan Bin Ali

Jika Kalian tidak mengenalku, Akulah Putra al Hasan, Cucu Nabi terpilih dan terpercaya, Inilah Husein tidak ubahnya tawanan terpenjara, Diantara orang-orang yang tidak Allah turunkan Rahmat kepadanya.

Al Qosim bin Hasan Bin Ali bin Abithalib adalah pemuda tampan yang usianya saat itu masih 13 saat membela pamannya al Husein As di padang Karbala.

11. Abdullah Bin Hassan

Abdullah bin Hasan bin Ali bin abi Thalib adalah pemuda yang baru berusia 13 tahun, Ia Syahid dalam pangkuan Paman Beliau Al Husein As setelah Orang Munafiq membunuhnya secara keji.

12. Aun bin Abdullah Bin Jafar

13. Muhammad Bin Abdullah bin Jafar

14. Abdullah Bin Muslim Bin Aqil

15. Mohammad bin Muslim

16. Mohammad Bin Said bin Aqil

17. Abdul Rahman Bin Aqil

18. Jafar Bin Aqil

Ketujuh Belas Jasad Mulia ini sekarang terbaring mengelilingi Imam Husein As di Karbala


Ust. Romli
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger