Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Antara Dunia dan Akhirat

Antara Dunia dan Akhirat


Allah menciptakan dunia dan akhirat sebagai pilihan bagi manusia. Dan dengan perangkat akal –yang disertai petunjuk- cukup kiranya bagi manusia untuk berpikir, manakah yang harus dahulukan untuk dipilih. Jika manusia memilih dunia, maka akan seperti apa yang dimaksud dalam ayat :


“Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang, maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang kami kehendaki bagi orang yang kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir.” (Al-Isra’ : 18).


Yang dimaksud “kehidupan sekarang” dalam ayat di atas adalah”dunia”. Jadi Allah sangat mampu mendatangkan nikmat bagi hamba-Nya untuk dinikmati seluruhnya di dunia. Asal orang tersebut adalah yang dikehendaki.Tapi setelah semua nikmat dihabiskan di dunia, maka Allah akan memasukkannya ke neraka dalam keadaan yang hina.


Perlu diingat, kalimat di atas menggunakan kata “menghendaki”. Jadi siapa saja yang baru menghendaki kehidupan dunia, sudah disiapkan neraka baginya, apalagi orang-orang yang berjalan mencari dunia? Tentu jelaslah kemana tempat mereka akan kembali kelak.


Dan jika manusia memilih akhirat, maka sesuai dengan ayat :


Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya diterima dengan baik.” (Al-Isra’ : 19).


Yang perlu diingat adalah untuk urusan akhirat, bukan hanya cukup dengan “kehendak” atau “keinginan” saja. Namun butuh menjalankan diri menuju akhirat, yaitu dengan iman dan amal shaleh. Jika hal ini telah terkumpul (keinginan, iman, dan amal shaleh) maka orang tersebut menjadi orang yang sangat beruntung dan berhak mendapat acungan jempol.


Dan kerugianlah bagi orang yang mengutamakan dunia sehingga melupakan akhirat, tidak beriman atau beriman tapi tidak beramal shaleh. Semua berada dalam kerugian. Dan sungguh beruntung bagi orang-orang yang berkehendak akhirat, beriman, dan mau beramal shaleh.

Monggo-monggo disyukuri kenikmatan Allah atas iman, keinginan pada akhirat dan amal shaleh.





Ust. Muhammad Hasyim (Disarikan dari kitab Risalah Adubu Sulukil Murid karya Al-Habib Abdillah bin Alawi Al-Haddad)
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger