Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Dakwah Kepada Teman Sejawat

Dakwah Kepada Teman Sejawat

Berdakwah adalah tugas suci yang menjadi tugas para Nabi beserta pengikut-pengikutnya. Allah SWT befirman kepada Nabi Muhammad SAW dalam Al-Qur’an:

قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي


Katakanlah wahai Muhammad : “Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, (Q.S. Yusuf/ 108).


Di dalam berdakwah, harus membekali diri terlebih dahulu. Apakah mampu dalam berdakwah kepada orang-orang yang melanggar agama. 

Artinya jika yakin bahwa akan kekuatan iman dirinya dan aman akan pengaruh orang-orang yang melanggar, maka itu menjadi perkara yang sangat baik. 

Akan tetapi jika masih meragukan kekuatan imannya serta kekokohan dirinya atas pengaruh, maka jangan sekali-kali berspekulasi atas keselamatan dirinya, karena bisa jadi bukan ia yang merubah mereka yang melanggar, akan tetapi ia yang berubah menjadi orang yang tidak baik. Apalagi jika meyakini dirinya akan terpengaruh, maka hal itu bukanlah hal yang bijak. 

Sama halnya dengan seorang dokter yang mengobati orang terkena penyakit kudis atau penyakit menular lainnya. Ia pasti mengantisipasi agar tidak tertular dengan cara memakai sarung tangan atau obat yang bisa mematikan bakteri. Namun jika bukan seorang dokter, maka jangan sekali-kali untuk mengobatinya, karena bisa jadi orang yang sakit sembuh tapi ia tertular penyakitnya. 

Atau sama dengan menolong orang yang tenggelam di lautan, jika dia sebagai perenang yang hebat maka sangatlah baik menyelamatkan orang tersebut. Namun jika dia bukan perenang yang hebat atau bahkan tidak bisa berenang sama sekali, maka jangan sekali-kali berusaha untuk menolongnya, karena bisa jadi orang itu selamat sedangkan dia tenggelam di lautan.


Ringkasnya selamatkan diri anda kemudian keluarga anda, lalu orang lain.




Habib Taufiq Bin Abd Qadir Assegaff
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger