Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Perbedaan Sholat Laki-Laki dan Perempuan

Perbedaan Sholat Laki-Laki dan Perempuan

Ada beberapa perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam bentuk dan sifat shalatnya :

Pertama, ketika rukû’.

Laki-laki: kedua siku direnggangkan dari lambung, perut diangkat dari paha, kedua lutut dan telapak kaki dipisah kira-kira satu jengkal.

Perempuan: kedua siku dipertemukan dengan lambung; sebagian perut dipertemukan dengan sebagian paha sementara kedua lutut dan kedua telapak kakinya dirapatkan.

Keduasuara bacaan.

Laki-laki: sunnat mengeraskan suara dalam shalat yang disunnatkan bersuara keras.

Perempuan: harus dengan suara pelan ketika shalat di dekat laki-laki yang bukan mahramnya. Kalau shalat sendirian (Tidak ada laki-laki lain yang bukan mahram) boleh mengeraskan suara.

Ketigaketika terjadi sesuatu dalam shalat, seperti mengingatkan imam yang lupa, memberi izin pada orang yang meminta izin masuk ke rumahnya atau memperingati orang buta yang akan terjadi bahaya.

Laki-laki: memberitahu dengan cara membaca tasbîh: سُبْحَانَ اللهِ. Membaca tasbîh ini harus dengan bertujuan dzikir atau bertujuan dzikir disertai tujuan memberi tahu, atau tidak berniat apa-apa. Sebab, bila tujuannya hanya untuk menegor imam, shalatnya bisa batal.

Perempuan: memberitahunya dengan cara menepukkan telapak tangan kanan ke punggung tangan kiri. Jika yang ditepukkan adalah telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan tujuan main-main, dan tahu akan keharamannya, maka shalatnya batal.

Keempat, mengenai aurat yang harus ditutupi pada saat shalat.

Laki-laki: bagian tubuh antara pusar dan lutut tidak termasuk aurat, namun wajib menutupi sebagian pusar dan lututnya agar yakin bahwa semua auratnya tertutup.

Perempuan: seluruh badannya harus tertutup kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Hal ini bila di waktu mengerjakan shalat. Adapun di luar shalat, maka wajib menutupi seluruh badan.



Sumber : Buku Shalat itu Indah dan Mudah (Buku Tuntunan Shalat), Diterbitkan oleh Pustaka SIDOGIRI Pondok Pesantren Sidogiri
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger