Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Ahlaq Bertetangga Bag. 1

Ahlaq Bertetangga Bag. 1

Akhlak adalah perangai seseorang baik menyangkut perbuatannya, maupun ucapannya. Islam mengajarkan dan menganjurkan agar semua manusia berakhlak baik. Bahkan demi tercapainya kebaikan dan kesempurnaan akhlak itu Allah SWT mengutus Nabi dengan tujuan utama untuk menyempurnakan akhlak.

Sebagaimana hadist Nabi:

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ مَكَرِمَ الْأَخْلَاقِ


Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak.
Hanya Nabilah yang mempunyai akhlak yang paling agung diantara semua manusia yang pernah hidup di dunia ini. Al-Quran sendiri telah menjulukinya sebagai pemilik perangai yang agung.

وَاِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيْمٍ

Dan sesungguhnya kamu Muhammad benar-benar terdapat akhlak yang mulia.

Dalam beberapa hadist Nabi sering diutarakan bahwa akhlak merupakan ukuran keimananan seseorang. Tetapi dalam setiap sesi majlis taklim-majlis taklim yang sementara penulis temui sering disampaikan bahwa seakan yang berkaitan dengan iman hanyalah masalah keyakinan (theologi), tanpa pembahasan lebih lanjut tentang masalah konsekwensi orang yang beriman, atau aspek perilaku seorang mukmin (jawarih). Kalau pembahasan iman ditinjau dari konsekwensi perilaku, maka ukuran keimanan seorang terletak pada tingkat kehadirannya: apakah membawa keamanan bagi tetangganya, atau malah kehadirannya meresahkan bagi tetangganya. Itulah ukuran keimanan seseorang.

Nabi sering bersabda bahwa seseorang tidak beriman seandainya dia masih menyakiti tetangganya. Bahkan sampai beliau bersumpah atas nama Allah sampai tiga kali.

وَاللهِ لَايُؤْمِنُ, وَاللهِ لَايُؤْمِنُ, وَاللهِ لَايُؤْمِنُ . قِيْلَ: مَنْ يَا رَسُوْ لَ اللهِ؟ قَالَ أَلَّذِيْ لَايَأْمَنُ جَارُهُ بَوَائِقَهُ

“Demi Allah, demi Allah, demi Allah tidak beriman,” kemudian sahabat bertanya, “Siapa wahai Rasulullah?” beliau menjawab: “Yaitu orang yang menjadikan tetangganya merasa tidak aman karena perbuatan buruknya.” 

Melihat hadis di atas sangat jelas bahwa kualitas iman seseorang sangat ditentukan oleh akhlaknya kepada manusia, dan makhluk lainnya, terutama akhlak kepada tetangganya. Dalam keterangan hadis disebutkan bahwa sifat iman itu bisa tambah dan bisa berkurang.

أَلْإِيْمَانُ يَزِيْدُ وَيَنْقُصُ

Iman itu bisa bertambah dan bisa berkurang

Adapun bertambahnya iman itu ketika seseorang beribadah dengan ikhlas kepada Allah dan berakhlak baik kepada semua makhluk Allah tanpa kecuali. Alasan hadis di atas juga yang dijadikan sandaran beberapa orang untuk menafsirkan bahwa hadis-hadis yang matannya menerangkan tidak beriman seseorang (laa yu’minu ahadukum) itu sama artinya dengan tidak sempurna iman seseorang

Konsekwensi dari penafsiran tidak sempurna iman seseorang tersebut membentuk wilayah toleransi juga wilayah abu-abu yang seringkali tidak tegas bagi diri seorang mukmin. Kalau seandainya hadis itu cukup diartikan berdasarkan bunyi lafadznya, maka akan timbul ketegasan dan semoga kehati-hatian bagi seorang hamba bahwa kalau dirinya dalam keadaan kenyang sedangkan tetangganya lapar, maka: TIDAK BERIMAN. Juga bisa menuduh dirinya sendiri tidak beriman, seandainya dia tidak mencintai saudara, tetangganya, laksana mencintai dirinya sendiri. 

Dalam hadis dikatakan bahwa takaran kesempurnaan iman seseorang itu ditentukan oleh kualitas akhlaknya

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُوْقًا

Sempurna-sempurnanya iman orang-orang mukmin adalah mereka yang paling baik akhlaknya. 

Maka menurut tauhid orang yang dianggap telah keluar imannya adalah orang yang ragu terhadap salah satu ajaran Islam (mamang atine ing salah sawijine agamane Nabi Muhammad), atau juga benci terhadap segala sesuatu yang telah dibawa oleh Rasulullah (sengit atine ing salah sawijine kang didatengaken dene Rasulullah). Adapun secara perilaku (jawarih) atau secara akhlak, seseorang telah lepas dan tidak beriman, atau berkurang imannya apabila ia berbuat jahat terhadap tetangganya.

Hadis yang serupa memerintahkan untuk berbuat baik kepada tentangganya dan harus menghindari untuk berbuat buruk dan menyakiti tetangganya sangat banyak, dan dalam setiap hadist pasti dikaitkan dengan keimanan seseorang. Diantara hadis tersebut adalah:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِااللهِ وَالْيَوْمِ الْأَخِرِ فَلَا يُؤْذِ جَارَهُ, مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِا اللهِ وَالْيَوْمِ الْأَخِرِفَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ , وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِااللهِ وَالْيَوْمِ الْأَخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْراً أَوْ لِيَسْكُتْ


Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka jangan menyakiti tetangganya, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka muliakan tamunya, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka berkatalah yang baik, atau diam.

Hadis lain yang serupa kandungannya dengan hadist di atas adalah:

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِااللهِ وَالْيَوْمِ الْأَخِرِفَلْيُحْسِنْ إِلَى جَارِهِ


Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka berbuat baiklah kepada tetangganya.



Ust. Ahmad Saifullah
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger