Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Jangan Terjebak Dengan Lambang Keluhuran

Jangan Terjebak Dengan Lambang Keluhuran

Ingatlah bahwa Allah Swt, menghiasi Iblis dengan hiasan perlindunganNya, padahal IlmuNya Allah swt telah mengenalnya, bahwa Iblis adalah ahli laknatNya.


Allah menutupi apa yang menimpa Iblis dengan kehendak yang mendahuluinya, hingga di akhirnya semuanya jadi tampak jelas.


Begitu juga Allah Swt, menghiasi Bal’am (seorang tokoh dari bani Israel, yang mengingkari karunia Allah SWT dengan berbagai kewalian yang dipakaikan, namun akhirnya ia malah tergolong menjadi orang yang tertimpa kebencianNya. 


Allah menenggelamkan Qorun dalam lautan kenikmatan, padahal menurut Allah ia tergolong kalangan yang ditimpa kebencianNya.


Janganlah anda terjebak bersama cobaan Allah dalam empat hal: 

1. Penampakan anugerahNya kepadamu, tanpa anda mengetahui hakikatNya.


2. Tutupnya Allah atas amal-amal yang sudah anda lakukan, padahal anda tidak tahu akhirnya. 


3. Allah menambahkan nikmatNya padamu, padahal kamu belum pernah mensyukuriNya.


4. Allah memberikan banyak kepadamu, padahal kamu tidak pernah memohonNya.

Allah berkehendak demikian kadang dalam rangka mengingatkan anda atau malah sebagai Istidroj.


Jangan anda terpedaya hanya karena anda bergaul dengan orang-orang saleh dan ahli zuhud, tanpa anda sendiri mengikuti jejak mereka. Sebab bergabung dalam keakraban, seandainya bermanfaat, pastilah isteri Nabi Nuh meraih manfaat, begitu juga isterinya Nabi Luth. Karena jebakan tipudaya itu salah satu tangga dari tangga Istidroj. 


Allah Swt, berfirman: “Janganlah kalian terjebak tipu daya kehidupan dunia dan jangan terjebak tipudaya diri kalian karena (merasa) bersama Allah. ” 


“Wahai manusia apa yang memperdayaimu sehingga kamu mendustai Tuhanmu ?” Syetan mendatangi ahli zuhud lalu mengatakan: “Hai waliyullah, hai orang yang terbaik dari kalangan manusia, lihatlah anugerah dan karomah yang diberikan Tuhanmu, taqarrub dan kemesraan dariNya!

Saya pernah melihat sebuah syair dalam satu tongkat: 

Setiap dosa ada ampunan bagimu
Selain dosa berpaling dariKu. 
Kukatakan: Bila aku berpaling, aku bertobat
Aku kembali sambung seperti semula
Tak ada dosa selain aku Memandang diri dalam cinta
Lalu aku tersiksa.



Santri Mbelink
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger