Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Mandi Jumat

Mandi Jumat

 ‎(قوله غسل الجعة ) و يدل على عدم وجوبه خبر من توضأ يوم الجمعة فبها و نعمة أي فبالرخصة أخذت و نعمت الخصلة الوضوء و من إغتسل فالغسل أفضل و أما قوله في الحديث غسل الجمعة واجب على كل محتلم فمؤول بأن المعنى متأكد بدليل الخبر السابق فلا يجب كبقية الأغسال إلا لعذر ~حاشية الباجوري ٨٢


Mandi jum'at hukumnya sunnah dan dalil yang menguatkan kesunnahannya adalah hadits, "barang siapa yang hanya berwudhu di hari jum'at maka ia telah mengambil rukhsah dan sebaik baiknya hal adalah wudhu,dan siapa yang mandi maka mandi lebih utama dari pada wudhu". Adapun hadits, "mandi jum'at wajib bagi setiap orang baligh"maka kata kata "wajib" diarahkan pada makna "mutaakkid/sangat disunnahkan",dengan dalil hadits di depan (Hasyiah Al Bajuri 1/82) .


Arti Wujub pada hadits di atas diarahkan pada Sunnah Muaakad (sunah yang sangat dikukuhkan) berdasarkan hadits-hadis lainnya


وروي غسل الجمعة واجب على كل محتلم أي متأكد وصرف هذا عن الوجوب خبر من توضأ يوم الجمعة فبها ونعمت ومن اغتسل فالغسل أفضل 

رواه الترمذي وحسنه


Diriwayatkan “Mandi Jumat wajib bagi setiap Muhtalim (berakal dan dewasa)” , artinya wajib sangat disunahkan."


Pemalingan arti wajib kearah sangat disunahkan tersebut berdasarkan hadits “Barang siapa berwudhu di hari Jum'at maka hal itu cukup dan baik, sedangkan barang siapa yang mandi maka mandi itu lebih baik.” (HR Jama’ah)


والأغسال المسنونة هي مايأتي (1) :

1 ً - الغسل لصلاة الجمعة: لأحاديث متعددة، منها حديث أبي سعيد مرفوعاً: «غسل الجمعة واجب على كل محتلم» (2) والإيجاب محمول على أنه مسنون مؤكد الاستحباب، لأحاديث أخرى: وهي حديث سمرة: «من توضأ يوم الجمعة فبها ونعمت، ومن اغتسل فالغسل أفضل» (3) وحديث عائشة رضي الله عنها قالت: «كان النبي صلّى الله عليه وسلم يغتسل من أربع: من الجنابة، ويوم الجمعة، ومن الحجامة، ومن غسل الميت» (4) .

 (1) فتح القدير:44/1 وما بعدها، الدر المختار:156/1-158، اللباب:23/1، مراقي الفلاح: ص18، القوانين الفقهية: ص25 وما بعدها، كشاف القناع: 171/1-173، الشرح الصغير:503/1 وما بعدها.

(2) أخرجه السابعة (أحمد وأصحاب الكتب الستة).

(3) رواه الجماعة، وإسناده جيد، وعن أبي هريرة: «حق على كل مسلم أن يغتسل في كل سبعة أيام يوماً يغسل فيه رأسه وجسده» متفق عليه.

(4) رواه أبو داود وصححه ابن خزيمة، ورواه أحمد والبيهقي، وفي إسناده راوٍ فيه مقال (انظر الأحاديث في سبل السلام:86/1 وما بعدها، نيل الأوطار:231/1-236).


Mandi untuk menunaikan shalat jum'ah hukumnya sunah berdasarkan hadits-hadits nabi yang banyak, diantaranya "Mandi Jumat wajib bagi setiap Muhtalim (berakal dan dewasa)” (HR. As-saabi’ah, Ahmad dan Pengarang Kitab 6)
 
Arti wajib dalam hadits ini diarahkan pada hukum sunah muakkad berdasarkan hadits lain yaitu “Barangsiapa berwudhu di hari Jum'at maka hal itu cukup dan baik, sedangkan barangsiapa yang mandi maka mandi itu lebih baik.” (HR Jama’ah dari samrah) dan Hadits riwayat Aisyah ra, ia berkata “Adalah baginda Nabi mandi karena 4 sebab, dari janabat, hari jumah, bekam dan selepas memandikan mayat” (HR. Abu Daud (dishahihkan oleh Ibn Huzaimah) Ahmad dan Al-Baehaqi). Keterangan ini bisa di dapatkan dalam Al-Fiqh al-Islaam I/477.


وقد سبق ذكر حديثين في الأغسال المسنونة وهما: «غسل الجمعة واجب على كل محتلم» والوجوب محمول على السنية، للحديث الثاني: «من توضأ يوم الجمعة، فبها ونعمت، ومن اغتسل فالغسل أفضل» . وروى البخاري ومسلم: «إذا جاء أحدكم إلى الجمعة فليغتسل» .



Dan telah lewat keterangan dua hadits (tentang kesunahan mandi jumat) dalam macam-macamnya mandi yang disunahkan, yakni “Mandi Jumat wajib bagi setiap Muhtalim (berakal dan dewasa)”. Arti wajib dalam hadits ini diarahkan pada hukum sunah berdasarkan hadits yang kedua “Barangsiapa berwudhu di hari Jum'at maka hal itu cukup dan baik, sedangkan barangsiapa yang mandi maka mandi itu lebih baik.” (HR Jamaah).

Imam Bukhari Muslim meriwayatkan “Bila salah seorang diantara kalian mendatangi sholat jum'ah, hendaklah mandi” (Al-Fiqh al-Islaam II/459)




http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/doc/318974554792026/ oleh Ust. Ismail Kholilie dan Ust. Masaji Antoro
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger