Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Minuman Keras, Induk Kejahatan (2)

Minuman Keras, Induk Kejahatan (2)

Alkohol adalah senyawa organik dimana hidroxyl (-OH) terikat pada atom karbon dari suatu alkyl. Secara umum alkohol biasanya dikenal sebagai ethanol yang didapatkan pada anggur atau minuman beralkohol. Cairan ini tak berwarna, mudah menguap dan memiliki bau khas yang sedikit tajam. Alkohol bisa didapatkan dengan memfermentasikan gula atau karbohidrat dengan bantuan jamur atau ragi. Secara sintetis, di pabrik-pabrik, alkohol di buat dengan hidrasi ethylene.


Sifat memabukkan alkohol disebabkan karena senyawa ini secara langsung mendepresi (menekan) sistem saraf pusat. Manusia memiliki pusat inhibitor afektif dan kognitif (emosi dan kecerdasan) di otak. Pusat inhibitor ini mencegah kita melakukan apa-apa yang kita anggap salah. Sebagai contoh, kita akan berbahasa yang baik-baik dengan orang tua atau menuntaskan panggilan alam di kamar mandi, bukannya di keramaian. Tetapi ketika seseorang mengkonsumsi alkohol, pusat inhibitor ini akan segera terdepresi. Oleh karena itulah, kita sering menemukan orang mabuk melakukan tindakan-tindakan memalukan yang tidak mencerminkan karakternya, menggunakan bahasa-bahasa yang bodoh, kencing di celana dan sebagainya. Alkohol membuat peminumnya mengalami perubahan persepsi, menumpulkan perasaan, mengganggu koordinasi, menghambat ingatan dan menimbulkan kepercayaan diri yang berlebihan.


Selain efek yang amat jelas pada sistem saraf, ternyata alkohol berpengaruh hampir terhadap semua organ dalam tubuh kita. Organ pertama yang selalu terpapar dengannya adalah lambung. Alkohol merangsang pengeluaran asam lambung yang berlebih sehingga dengan mudah terjadi tukak lambung atau luka pada lambung. Luka ini memudahkan perforasi atau lubang. Ketika perforasi terjadi maka asam lambung segera meracuni semua organ dalam rongga perut dan akan jatuh dalam keadaan yang sangat kritis (peritonitis generalisata). Bukan hanya itu, rangsangan kronis pada sistem pencernaan akan memudahkan terjadinya kanker tenggorokan, lambung dan usus.


Setelah diserap dalam usus, alkohol dibawa melalui vena porta hepatica menuju hati atau liver. Liver harus bekerja ekstra keras untuk menetralisir kadar alkohol dalam darah. Dalam jangka waktu lama, liver akan mengalami perlemakan (fatty liver) yang membuat fungsinya menjadi jelek. Jika masih berlanjut, keadaan ini dapat berubah menjadi cirrhosis hati atau gagal hati. Rangsangan kronis pada sel-sel hati yang menahun juga mudah menimbulkan hepatoma atau kanker hati. Jika seseorang dinyatakan menderita hepatoma, maka ia harus segera memesan batu nisan karena dalam kurun waktu 4 bulan saja hampir bisa dipastikan akan meninggal.


Setelah lepas dari liver, alkohol segera memasuki sistem sirkulasi primer tubuh. Alkohol adalah suatu turunan senyawa lemak. Oleh karena itu pada dasarnya sifatnya sangat mirip dengan lemak, yaitu mudah mengendap pada pipa-pipa pembuluh darah kita. Akibatnya mudah ditebak! Sederetan penyakit kardiavaskular seperti hipertensi, serangan jantung, stroke hingga impotensi sudah berjajar antri untuk menyerang.


Bagi wanita, pemakaian alkohol memiliki efek yang spesial juga. Selain lebih mudah terjadinya cirrhosis hati, pada wanita hamil, alkohol terbukti teratogenik atau memiliki efek pemicu cacat pada bayi. Dua dari lima bayi cacat di Amerika disebabkan karena efek ini. Alkohol juga diperkirakan menurunkan tingkat kesuburan wanita.


Yang saya sebutkan di atas hanyalah sebagian dari sekian banyak efek di bidang kesehatan yang mungkin ditimbulkan oleh pemakaian alkohol kronis. Masih ada banyak gangguan pada kulit, darah, korteks ingatan otak, sistem kelenjar, sistem kekebalan tubuh dan  sistem pernapasan. Namun yang paling berbahaya justru saat keracunan alkohol akut. Pada kondisi ini orang sering muntah, sementara reflek batuknya lumpuh. Akibatnya, muntahan dari lambung dengan mudah memasuki paru-paru menyebabkan pneumonia atau abses paru. Kejadian ini akan cepat menyebabkan sufokasi (sumbatan jalan napas) yang sangat sering menyebabkan kematian.


Alkohol bukan hanya menimbulkan dampak pada kesehatan tetapi juga sosial. Minuman ini menghancurkan keluarga, meluluh-lantakkan dasar-dasar kepercayaan dan merenggangkan persamaan. 1400 tahun yang lalu, sebelum semuanya menjadi berantakan, Allah sudah mengetahui hal ini. Dengan perlahan Allah membuka mata kaum muslimin melalui firman-firmanNya.


Mungkin alkohol memiliki beberapa pengaruh menguntungkan bagi tubuh kita tetapi tetap saja bahaya yang ditimbulkannya jauh lebih besar. Dengan menjauhi alkohol dan segala macam yang memabukkan, maka kita sudah terhindar dari sekian banyak masalah sosial, kesehatan maupun finansial. Sekali mencoba minuman haram ini, maka anda akan jauh terseret dan terserak menjauh dari lingkaran Islam.


Berikanlah hak tubuh anda untuk menjadi sehat! Dan secara sosial anda kini menjadi panutan yang dipuja secara diam-diam oleh negara Barat. Oleh sebab itu tinggalkan khamr walaupun hanya setetes. Bukannya kita dimanjakan oleh Allah dengan janji minuman khamr yang tiada tara lezatnya di surga kelak ? Berfirman Allah dalam surat Muhammad ayat 15 :

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ فِيهَا أَنْهَارٌ مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ وَأَنْهَارٌ مِنْ لَبَنٍ لَمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ وَأَنْهَارٌ مِنْ خَمْرٍ لَذَّةٍ لِلشَّارِبِينَ وَأَنْهَارٌ مِنْ عَسَلٍ مُصَفًّى وَلَهُمْ فِيهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ وَمَغْفِرَةٌ مِنْ رَبِّهِمْ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِي النَّارِ وَسُقُوا مَاءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَاءَهُمْ


”(Apakah) perumpamaan (penghuni) surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tiada berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka, sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?”




Farsan Salaf
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger