Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , , , » Sholat Sunnah Akad Nikah dan Malam Pertama

Sholat Sunnah Akad Nikah dan Malam Pertama

ﺻﻼﺓ ﺳﻨﺔ ﻗﺒﻞ ﻋﻘﺪ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﺭﻛﻌﺘﺎﻥ ,ﻭﻫﻲ ﻧﺎﻓﻠﺔ ﺫﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﺐ ﺍﻟﻤﺘﺄﺧﺮ . ﺃﻥﺗﺼﻠﻰ ﻗﺒﻞ ﻋﻘﺪ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ , ﺇﻻ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ . ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﻘﺮﺃ ﻣﺎ ﺷﺎﺀ ﻣﻦﺍﻟﺴﻮﺭ . ﻗﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺷﻬﺎﺏ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦﺣﺠﺮ ﺍﻟﻬﻴﺘﻤﻲ : ﻳﻨﺒﻐِﻲ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ  ﺫَﻟِﻚَﻟﻠﺰﻭْﺝ ، ﻭﺍﻟﻮﻟِﻲ ﻟﺘﻌﺎﻃﻴﻬﻤﺎ ﻟﻠﻌﻘﺪ ﺩﻭﻥﺍﻟﺰﻭﺟﺔ . ﻭﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻳﻀﺎ ﺇﻥ ﻓﻌﻠﻬﻤﺎ ﻓﻲﻣﺠﻠﺲ ﺍﻟﻌﻘﺪ ﻗﺒﻞ ﺗﻌﺎﻃﻴﻪ
تحفة المحتاج في شرح المنهاج

Diantara sholat sholat sunah adalah sholat sebelum akad nikah. sholat ini termasuk sholat yg mempunyai sebab di akhir, boleh dikerjakan asal bukan pada waktu yang di makruhkan. bacaannya apa saja, terserah musholli. Sholat ini disunahkan untuk mempelai pria atau wali perempuan saja. bukan mempelai wanitanya. Sebaiknya dilakukan dimajelis akad sebelum akad dilakukan (Tuhfatul Muhtaj syarah Alminhaj).

 قوله : وعند القتل ) أي بحق أو غيره وقبل عقد النكاح وبعد الخروج من الكعبة مستقبلا بهما وجهها وعند حفظ القرآن نهاية قال ع ش قوله م ر وقبل عقد النكاح ينبغي أن يكون ذلك للزوج ، والولي لتعاطيهما للعقد دون الزوجة وينبغي أيضا إن فعلهما في مجلس العقد قبل تعاطيه وقوله م ر وعند حفظ القرآن أي ولو بعد نسيانه وقد صلى للحفظ الأول . ا هـ .

Sunnah sholat sebelum akad nikah, setelah keluar dari ka'bah, dan ketika menghafalakan alqur'an. Sholat sebelum akad nikah sebaiknya dilakukan oleh mempelai pria dan wali perempuan, bukan mempelai perempuannya, sholat ini sebaiknya juga dilakukan di majelis akad sebelum akad dilakukan.


ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ - ﺍﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺷﻴﺒﺔ ﺍﻟﻜﻮﻓﻲ - ﺝ ٣ - ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ٤٠١
: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺍﺑﻦ ﺇﺩﺭﻳﺲ ﻋﻦ ﺩﺍﻭﺩ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻧﻀﺮﺓ ﻋﻦ ﺃﺑﻲﺳﻌﻴﺪ ﻣﻮﻟﻰ ﺃﺑﻲ ﺃﺳﻴﺪ ﻗﺎﻝ: ﺗﺰﻭﺟﺖ ﻭﺃﻧﺎ ﻣﻤﻠﻮﻙﻓﺪﻋﻮﺕ ﻧﻔﺮﺍ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢﻓﻴﻬﻢ ﺍﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﻭﺃﺑﻮ ﺫﺭ ﻭﺣﺬﻳﻔﺔ ﻗﺎﻝ: ﻭﺃﻗﻴﻤﺖﺍﻟﺼﻼﺓ ﻗﺎﻝ: ﻓﺬﻫﺐ ﺃﺑﻮ ﺫﺭ ﻟﻴﺘﻘﺪﻡ ﻓﻘﺎﻟﻮﺍ: ﺇﻟﻴﻚ، ﻗﺎﻝ:ﺃﻭ ﻛﺬﻟﻚ؟ ﻗﺎﻟﻮﺍ: ﻧﻌﻢ! ﻗﺎﻝ: ﻓﺘﻘﺪﻣﺖ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﺃﻧﺎ ﻋﺒﺪﻣﻤﻠﻮﻙ ﻭﻋﻠﻤﻮﻧﻲ ﻓﻘﺎﻟﻮﺍ: ﺇﺫﺍ ﺃﺩﺧﻞ ﻋﻠﻴﻚ ﺃﻫﻠﻚ ﻓﺼﻞﻋﻠﻴﻚ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﺛﻢ ﺳﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻣﻦ ﺧﻴﺮ ﻣﺎ ﺩﺧﻞﻋﻠﻴﻚ ﻭﺗﻌﻮﺫ ﺑﻪ ﻣﻦ ﺷﺮﻩ ﺛﻢ ﺷﺄﻧﻚ ﻭﺷﺄﻥ ﺃﻫﻠﻚ.

Telah menceritakan pada kami Ibnu Idrisd ari Dawud dari Aby Nadhrah dari Aby Sa'id; Maulaa (budak yang telah dimerdekakan) Aby Usaid berkata : “Saya menikah ketika masih menjadi hamba sahaya, lalu saya mengundang sekelompok sahabat Rasulullah - shalallahu ‘alaihiwasallam- di antaranya ada Ibnu Mas’uddan Abu Dzar juga Hudzaifah.

Abu Said berkata: “Lalu dibacakan iqamat untuk shalat. Abu Dzar kemudian berangkat untuk maju ke depan, para sahabat lainnya kemudian berkata: “Kamu juga ikut”.

Abu Said berkata: “Apakah harus demikian?” 

Mereka menjawab: “Ya”. 

Aku lalu maju ke depan sedangkan saya saat itu masih seorang budak belian. Mereka mengajariku dan mereka berkata: “Apabila kamu hendak menggauli isterikamu (baru pengantin), shalatlah terlebih dahulu dua rakaat, kemudian berdoalah kepada Allah untuk kebaikan apa yang telah kamu gauli, juga berlindunglah kepada Allah dari kejahatannya dan kejahatan dirikamu juga diri keluargamu." (Al Mushonnaf juz 3 hal 401)

 Lafadz niat sholat dimalam pengantin :

أصـلى سنة ليلة الزفاف ركعتين للـه تعالى 

(saya sholat sunah malam pengantin dua roka'at lillahi ta'ala )

Dan setelah sholat membaca doa:

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧِّﻲ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺟَﺒَﻠْﺘَﻬَﺎﻋَﻠَﻴْﻪِ ، ﻭَﺃَﻋُﻮﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ ﻭَﺷَﺮِّ ﻣَﺎ ﺟَﺒَﻠْﺘَﻬَﺎ ﻋَﻠَﻴْﻪ

(Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada mu kebaikannya (isteri) dan kebaikan apa yang saya ambil dari padanya, serta aku berlindung kepadaMu dari kejahatannya dan kejahatan apa yang ada di dalamnya juga dari kejahatan dari apa yang aku ambil daripadanya”.

Sebelum melakukan hubungan membaca: 

ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺟَﻨِّﺒْﻨِﻰ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥَ ﻭَﺟَﻨِّﺐِﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥَ ﻣَﺎ ﺭَﺯَﻗْﺘَﻨَﺎ 

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah syetan dari saya, dan jauhkanlah ia dari apa yang akan Eukau rizkikan kepada kami (anak, keturunan).


Sumber: Tim PISS - KTB
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

10 April 2017 10.14

Lafadz niat sholat dimalam pengantin :

أصـلى سنة ليلة الزفاف ركعتين للـه تعالى

(saya sholat sunah malam pengantin dua roka'at lillahi ta'ala ). coba cek apakah lafadz niat diatas ada di syarah kitab hadits?????

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger