Bulan Sya’ban adalah bulan istimewa. Pada
bulan Sya’ban semua amal manusia dilaporkan kepada Allah. Nabi sendiri
memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban, melebihi puasa beliau pada bulan-bulan yang lain.
Berkaitan
dengan keutamaan bulan Sya’ban ini, al-Imam Ibn Rajab al-Hanbali, murid terkemuka Syaikh Ibn
Qayyim al-Jauziyah, berkata dalam kitab Lathaif al-Ma’arif sebagai berikut:
خَرَّجَ
اْلإِمَامُ أَحْمَدُ وَ النَّسَائِيُّ (مِنْ حَدِيْثِ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ
: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ يَصُوْمُ اْلأَيَّامَ يَسْرُدُ حَتَّى نَقُوْلَ لاَ يُفْطِرُ
وَ يُفْطِرُ اْلأَيَّامَ حَتَّى لاَ يَكَادُ يَصُوْمُ إِلاَّ يَوْمَيْنِ مِنَ الْجُمْعَةِ
إِنْ كَانَا فِيْ صِيَامِهِ وَ إِلاَّ صَامَهُمَا وَ لَمْ يَكُنْ يَصُوْمُ مِنَ الشُّهُوْرِ
مَا يَصُوْمُ مِنْ شَعْبَانَ فَقُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ لَمْ أَرَكَ تَصُوْمُ مِنَ
الشُّهُوْرِ مَا تَصُوْمُ مِنْ شَعْبَانَ ؟ قَالَ : ذَاكَ شَهْرٌ يَغْفلُ النَّاسُ
عَنْهُ بَيْنَ رَجَب وَ رَمَضَان وَ هُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ اْلأَعْمَالُ فِيْهِ إِلَى
رَبِّ الْعَالَمِيْنَ عَزَّ وَ جَلَّ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِيْ وَ أَنَا صَائِمٌ).
“Al-Imam Ahmad dan al-Nasa’i meriwayatkan dari hadits Usamah bin Zaid, yang berkata: “Rasulullah
terkadang berpuasa selama beberapa hari berturut-turut sehingga kami berkata,
beliau tidak sarapan pagi. Beliau juga sarapan pagi selama beberapa hari
sehingga hampir saja beliau tidak berpuasa kecuali dua hari dari Jum’at, apabila
dua hari itu menjadi bagian puasanya. Kalau tidak, beliau berpuasa pada dua
hari itu. Nabi tidak berpuasa pada bulan-bulan yang ada seperti puasa beliau
pada bulan Sya’ban. Aku berkata kepada Nabi, “Wahai Rasulullah, aku tidak pernah
melihatmu berpuasa pada bulan-bulan sebelumnya seperti puasa Anda pada bulan
Sya’ban?” Nabi menjawab, “Bulan Sya’ban itu, bulan yang dilupakan manusia antara bulan Rajab dan
Ramadhan. Bulan Sya’ban itu, bulan di mana amal manusia diangkat kepada Allah Tuhan
semesta alam. Aku ingin, amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa.”
Dalam menghadapi bulan istimewa, di mana
amal manusia dilaporkan kepada Allah, umat Islam di tanah air melakukan tradisi
ruwahan (memperbanyak sedekah), sehingga bulan ini disebut dengan bulan Ruwah.
Para ulama juga menganjurkan agar kita memperbanyak sedekah pada momen-momen
yang dianggap penting yang sedang dihadapi. Dalam hal ini al-Imam al-Hafizh
al-Nawawi berkata:
وَقَالَ
أَصْحَابُنَا: يُسْتَحَبُّ اْلإِكْثَارُ مِنَ الصَّدَقَةِ عِنْدَ اْلأُمُوْرِ الْمُهِمَّةِ.
“Para ulama kami berkata, “Disunnahkan memperbanyak sedekah ketika menghadapi urusan-urusan
yang penting.”
Bahkan, berkaitan dengan anjuran
peningkatan amal kebaikan pada bulan Sya’ban, al-Imam Ibn Rajab al-Hanbali
berkata:
وَلَمَّا
كَانَ شَعْبَانُ كَالْمُقَدِّمَةِ لِرَمَضَانَ شُرِعَ فِيْهِ مَا يُشْرَعُ فِيْ رَمَضَانَ
مِنَ الصِّيَامِ وَ قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ لِيَحْصُلَ التَّأَهُّبُ لِتَلَقِّيْ رَمَضَانَ
وَ تَرْتَاضَ النُّفُوْسُ بِذَلِكَ عَلىَ طَاعَةِ الرَّحْمنِ، رَوَيْنَا بِإِسْنَادٍ
ضَعِيْفٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ : كَانَ الْمُسْلِمُوْنَ إِذَا دَخَلَ شَعْبَانُ اِنْكَبُّوْا
عَلىَ الْمَصَاحِفِ فَقَرَؤُوْهَا وَأَخْرَجُوْا زَكَاةَ أَمْوَالِهِمْ تَقْوِيَةً
لِلضَّعِيْفِ وَالْمِسْكِيْنِ عَلىَ صِيَامِ رَمَضَانَ.
“Oleh karena Sya’ban itu merupakan pengantar bagi bulan Ramadhan, maka pada bulan Sya’ban
dianjurkan hal-hal yang dianjurkan pada bulan Ramadhan seperti berpuasa dan
membaca al-Qur’an, sebagai persiapan menghadapi Ramadhan dan jiwa menjadi terlatih
untuk taat kepada Allah. Kami telah meriwayatkan dengan sanad yang lemah dari
Anas, yang berkata, “Ketika bulan Sya’ban tiba, kaum Muslimin biasanya menekuni mushhaf dengan membaca
al-Qur’an. Mereka juga mengeluarkan zakat harta benda mereka agar membantu
orang yang lemah dan miskin dalam menjalani puasa Ramadhan.”
Pustaka Ilmu Sunniyyah Salafiyah
Posting Komentar