بِسمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَإِذْ جَعَلْنَا البَيْتَ مَثَابَةً لِلنَّاسِ وَأَمْنًا
وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيْمَ مُصَلًّى وَعَهِدْنَا إِلىَ إِبْرَاهِيمَ
وَإِسْمَاعِيْلَ أَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِيْنَ وَالعَاكِفِيْنَ
وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ
Dan
(ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi
manusia dan tempat yang aman. dan Jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim[89]
tempat shalat. dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail:
"Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i'tikaf, yang
ruku' dan yang sujud".(QS. Al-Baqoroh 125). Ialah tempat berdiri Nabi Ibrahim
a.s. diwaktu membuat Ka'bah.
I’tikaf
menurut bahasa adalah tinggal atau diam di suatu tempat, baik tempat itu layak
atau tidak. Sedangkan I'tikaf menurut Istilah agama adalah tinggal atau diam di
mesjid dengan sifat-sifat tertentu. I’tikaf
hukumnya sunnah disetiap kesempatan, terlebih-lebih separuh akhir bulan
Ramadlan.
Syarat
I’tikaf ada dua, yaitu pertama niat dan kedua tinggal di mesjid.
Tidak
diperkenankan keluar dari mesjid apabila I’tikaf-nya dinadzarkan (ikrar wajib)
kecuali dalam niatnya menyertakan batas I'tikaf atau kecuali karena ada
kebutuhan manusiawi seperti karena ada uzdur (halangan) seperti sakit yang
tidak mungkin tinggal di mesjid. Dan I’tikaf menjadi batal apabila melakukan
senggama.
a.
Niat I’tikaf sunnah
نَوَيْتُ أَنْ أَعْتَكِفَ فىِ هَذاَ
المَسْجِدِ مُدَّةَ إِقاَمَةِ فِيْهِ سُنَّةً ِللهِ تَعاَلىَ
“Saya niat I’tikaf di mesjid ini selama
tinggal di dalamnya, Sunnah karena Allah Sw”
b. Niat I’tikaf wajib atau yang
dinadzarkan
نَذَرْتُ أَنْ أَعْتَكِفَ فىِ هَذاَ المَسْجِدِ مُدَّةَ
إِقاَمَةٍ فِيْهِ فَرْضاً ِللهِ تَعاَلىَ
“Saya nadzar
(janji) I’tikaf di mesjid ini selama tinggal di dalamnya, fardu karena Allah
Sw”
Berikut
dalil-dalil hadits dalam kitab Bulugul Murom, Syekh Ibnu Hajar Al-‘Asqolani :
عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه : أَنَّ رَسُولَ اَللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ
مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا, غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ
ذَنْبِهِ - مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .
Dari
Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam bersabda: "Barangsiapa melakukan ibadah Ramadhan karena iman dan
mengharap ridlo'Nya, maka diampunilah dosa-dosanya yang telah lewat."
(Muttafaq Alaihi)
وَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللهُ عَنْهَا قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم إِذَا دَخَلَ اَلْعَشْرُ أَيْ
اَلْعَشْرُ اَلأَخِيرُ مِنْ رَمَضَانَ شَدَّ مِئْزَرَهُ , وَأَحْيَا
لَيْلَهُ , وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ - مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .
Dari
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
bila memasuki sepuluh hari, yakni sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, mengencangkan kain sarungnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan
keluarganya. (Muttafaq Alaihi)
وَعَنْهَا
: أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَعْتَكِفُ اَلْعَشْرَ اَلأَوَاخِرَ
مِنْ رَمَضَانَ, حَتَّى تَوَفَّاهُ اَللهُ, ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ
بَعْدِهِ - مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .
Dari
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu, bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam selalu
beri'tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau wafat,
kemudian istri-istri beliau beri'tikaf sepeninggalnya. (Muttafaq Alaihi)
وَعَنْهَا
قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اَللهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا أَرَادَ أَنْ يَعْتَكِفَ
صَلَّى اَلْفَجْرَ, ثُمَّ دَخَلَ مُعْتَكَفَهُ - مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
bila hendak beri'tikaf, beliau sholat Shubuh kemudian masuk ke tempat
i'tikafnya. (Muttafaq Alaihi)
وَعَنْهَا
قَالَتْ : إِنْ كَانَ رَسُولُ اَللهِ صلى الله عليه وسلم لَيُدْخِلُ عَلَيَّ
رَأْسَهُ وَهُوَ فِي اَلْمَسْجِدِ فَأُرَجِّلُهُ, وَكَانَ لاَ يَدْخُلُ اَلْبَيْتَ
إِلاَّ لِحَاجَةٍ, إِذَا كَانَ مُعْتَكِفًا - مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ, وَاللَّفْظُ
لِلْبُخَارِيِّ .
Dari
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
pernah memasukkan kepalanya ke dalam rumah beliau di dalam masjid, lalu aku
menyisir rambutnya dan jika beri'tikaf beliau tidak masuk ke rumah, kecuali
untuk suatu keperluan. (Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut Bukhari)
وَعَنْهَا
قَالَتْ : اَلسُّنَّةُ عَلَى اَلْمُعْتَكِفِ أَنْ لاَ يَعُودَ مَرِيضًا, وَلاَ
يَشْهَدَ جِنَازَةً, وَلاَ يَمَسَّ امْرَأَةً, وَلاَ يُبَاشِرَهَا, وَلاَ يَخْرُجَ
لِحَاجَةٍ, إِلاَّ لِمَا لاَ بُدَّ لَهُ مِنْهُ, وَلاَ اعْتِكَافَ إِلاَّ بِصَوْمٍ
وَلاَ اعْتِكَافَ إِلاَّ فِي مَسْجِدٍ جَامِعٍ - رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَلاَ
بَأْسَ بِرِجَالِهِ, إِلاَّ أَنَّ اَلرَّاجِحَ وَقْفُ آخِرِهِ .
Dari
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata : Disunatkan bagi orang yang beri'tikaf
untuk tidak menjenguk orang sakit, tidak melawat jenazah, tidak menyentuh
perempuan dan tidak juga menciumnya, tidak keluar masjid untuk suatu keperluan
kecuali keperluan yang sangat mendesak, tidak boleh i'tikaf kecuali dengan
puasa, dan tidak boleh i'tikaf kecuali di masjid jami'. (Riwayat Abu Dawud.
Menurut pendapat yang kuat hadits ini mauquf akhirnya)
وَعَنْ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم
قَالَ لَيْسَ عَلَى اَلْمُعْتَكِفِ صِيَامٌ إِلاَّ أَنْ يَجْعَلَهُ عَلَى نَفْسِهِ
- رَوَاهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ وَالْحَاكِمُ, وَالرَّاجِحُ وَقْفُهُ أَيْضًا
Dari
Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
bersabda: "Tidak ada kewajiban puasa bagi orang yang i'tikaf, kecuali ia
mewajibkan atas dirinya sendiri." (Riwayat Daruquthni dan Hakim. hadits
mauquf menurut pendapat yang kuat)
وَعَنْ
اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رِجَالاً مِنْ أَصْحَابِ اَلنَّبِيِّ
صلى الله عليه وسلم أَرَوا لَيْلَةَ اَلْقَدْرِ فِي اَلْمَنَامِ , فِي السَّبْعِ
الأَوَاخِرِ, فَقَالَ رَسُولُ اَللهِ صلى الله عليه وسلم أَرَى رُؤْيَاكُمْ قَدْ
تَوَاطَأَتْ فِي اَلسَّبْعِ اَلأَوَاخِرِ, فَمَنْ كَانَ مُتَحَرِّيَهَا
فَلْيَتَحَرَّهَا فِي اَلسَّبْعِ اَلأَوَاخِرِ - مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .
Dari
Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa beberapa shahabat Nabi Shallallaahu 'alaihi
wa Sallam melihat lailatul qadr dalam mimpi tujuh malam terakhir, maka
barangsiapa mencarinya hendaknya ia mencari pada tujuh malam terakhir."
(Muttafaq Alaihi)
وَعَنْ
مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِي سُفْيَانَ رَضِيَ اَللهُ عَنْهُمَا , عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى
الله عليه وسلم قَالَ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ -
رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَالرَّاجِحُ وَقْفُهُ . وَقَدْ اِخْتُلِفَ فِي
تَعْيِينِهَا عَلَى أَرْبَعِينَ قَوْلاً أَوْرَدْتُهَا فِي فَتْحِ اَلْبَارِي .
Dari
Muawiyah Ibnu Abu Sufyan Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam bersabda tentang lailatul qadar: "Malam dua puluh tujuh."
(Riwayat Abu Dawud dan menurut pendapat yang kuat ia adalah mauquf. ada 40
pendapat yang berselisih tentang penetapannya yang saya paparkan dalam kitab
Fathul Bari)
وَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللهُ عَنْهَا قَالَتْ : قُلْتُ يَا رَسُولَ اَللهِ :
أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيَّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ اَلْقَدْرِ, مَا أَقُولُ فِيهَا
? قَالَ " قُولِي اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ
عَنِّي " - رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ , غَيْرَ أَبِي دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ
اَلتِّرْمِذِيُّ, وَالْحَاكِمُ .
Dari
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa dia bertanya: Wahai Rasulullah, bagaimana
jika aku tahu suatu malam dari lailatul qadr, apa yang harus aku baca pada
malam tersebut? Beliau bersabda: "bacalah (artinya: Ya Allah, sesungguhnya
Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai ampunan, maka ampunilah aku)."
(Riwayat Imam Lima selain Abu Dawud. Hadits shahih menurut Tirmidzi dan Hakim)
وَعَنْ
أَبِي سَعِيدٍ اَلْخُدْرِيِّ رضي الله عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اَللهِ صلى الله
عليه وسلم : لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ
اَلْمَسْجِدِ اَلْحَرَامِ, وَمَسْجِدِي هَذَا, وَالْمَسْجِدِ اَلأَقْصَى -
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari
Abu Said Al-Khudry Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam bersabda: "Tidak ada perjalanan kecuali ke tiga masjid, yaitu
Masjidil Haram, Masjidku ini, dan Masjidil Aqsho." (Muttafaq Alaihi)
Ust. Ahmad Daeroby
Posting Komentar