Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Ramadhan Penuh Nikmat

Ramadhan Penuh Nikmat

Ramadhan kini sudah datang. Hal ini adalah sesuatu yang harus kita syukuri karena banyak nikmat yang diberikan dibulan suci ini terlebih untuk umat muslim sendiri. Dan ini anugrah terindah buat kita, karena kita masih diberikan umur panjang untuk menikmati bulan suci ramadhan yang penuh dengan ampunan.


Tetapi masih tidak sedikit orang yang mengaku muslim tidak/kurang mensyukuri nikmat dibulan suci ini. Contoh saja masih banyak umat muslim yang melalaikan kewajiban mereka dibulan ramadhan ini. Fenomena seperti  ini bukan hal yang baru lagi karena hampir disetiap tahun ini masih sering terjadi. Padahal mereka mampu dan siap untuk menjalankan kewajiban mereka. Hal itu yang harus kita benahi mulai saat ini agar kita benar-benar merasakan nikmat puasa dan nikmat ramadhan kali ini.


Hal-hal yang menyenangkan di bulan ramadhan diantaranya kita makin dekat  dengan tuhan, sedikit merasakan kesusahan sesama yang kurang mampu, introspeksi diri untuk sikap yang lebih baik. Selain hal tersebut  yang menyenangkan saat berpuasa adalah nikmatnya berbuka dengan kebersamaan. Hal tersebut nikmat yang luar biasa karena secara tidak langsung bulan ramadhan ini dapat mempersatukan dan lebih menguatkan tali silaturahmi dan persaudaraan.


Sangat dapat dirasakan bulan ramadhan adalan bulan yang penuh berkah (umat muslim) karena setiap tindakan / perbuatan positif akan ada imbalan yang besar dariNya. Untuk itu kita harus berpartisipasi untuk kelancaran bulan suci ini. Salah satunya dengan penuh ke ikhlasan kita janlankan ibadah puasa ini dengan kerendahan hati.


Puasa dilain hal juga menjadi bentuk aprisiasi untuk menjaga kesehatan. Kenapa menjaga kesehatan karena bayangkan saja yang tadi kita tidak terkontrol dalam pola makan kini dengan berpuasa kita secara tidak langsung dituntun untuk mengatur pola makan kita yang berlebihan. Itu dilihat dari segi kesehatan. Lain lagi bila kita lihat dari segi sikap atau perbuatan.


Manusia cenderung ingin melakukan apa yang dia mau tanpa ada batasan untuk mereka, karena itu sudah menjadi sifat umum manusia. Tetapi dibulan ramadhan ini kita dituntun untuk mengerti dan memahami batasan – batasan yang boleh kita lakukan. Agar sikap kita yang sehari-harinya bisa kita bilang urakan atau semacamnya dibulan suci ini kita bisa sedikit merubahnya dengan lebih sedikit bersikap sopan dan seperti yang ada pada norma-norna kelakuan atau kesopanan.


Pada dasarnya batasan-batasan itu tidak/bukan selalu hal yang buruk. Dari segi positif batasan – batasan itu sesuatu yang menarik yang perlu kita ketahui dan kita coba untuk dapat merasakan dengan sesunguhnya batasan itu seperti apa. Itu semua dapat kita rasakan pada indahnya dan nikmatnya bulan suci ramadhan ini (bagi yang menjalankan).



Agung Wibowo (agung.mblegoxz12@gmail.com)
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger