Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Tempat Tinggal Para Malaikat

Tempat Tinggal Para Malaikat

Para malaikat menetap di seluruh la­pisan langit. Allah SWT berfirman, "Be­rapa pun banyaknya malaikat di langit, syafa'at mereka tidak akan berguna se­dikit pun kecuali setelah Allah mengizin­kan bagi orang yang Dia kehendaki dan ridhai." (OS An-Najm: 26).

Setelah mencapai langit ketujuh saat Mi'raj, Rasulullah SAW bersabda, "Ke­mudian aku dibawa naik ke Baitul Mak­mur. Setiap hari ada tujuh puluh ribu malaikat yang masuk ke sana. Setelah keluar dari sana, mereka tidak kembali lagi." (HR Bukhari dan Muslim). 

Baitul Makmur adalah tempat para malaikat bertawaf di langit. la seperti Ka'bah untuk tawaf manusia di bumi.

Syaikh Ibnu Katsir mengutip pema­paran Ibn Asakir, pada suatu hari Rasul­ullah SAW bersabda kepada sahabat-­sahabatnya, "Langit bergemuruh dan ia berhak untuk bergemuruh. Tak satu pun tempat berpijak di langit kecuali di atasnya ada malaikat yang sedang ruku' atau sujud."

Kemudian Rasulullah SAW mem­baca ayat, "Tiada seorang pun di antara kami (malaikat) melainkan memiliki kedudukan tertentu. Sesungguhnya kami benar-benar bershaf-shaf (dalam menunaikan perintah Allah). Sesung­guhnya kami benar-benar bertasbih (ke­pada Allah)." (QS Ash-Shaffat: 164-166).

Dari tempat yang tinggi inilah para malaikat turun ke berbagai belahan bumi pada pelbagai kesempatan. Turun dan naiknya para malaikat disebut nuzul, 'uruj, atau shu'ud.

Allah SWT berfirman, "Pada malam itu malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril turun dengan izin Tuhannya untuk meng­atur segala urusan." (QS. Al-Qadr: 4).

Pada Lailatul Qadr (Malam Kemu­liaan), para malaikat turun dipimpin oleh Jibril Al-Amin dari langit menuju hamba­hamba Allah yang sedang melaksana­kan shalat. Mereka datang memberikan berkah, kabar gembira, dan kebaikan ke­pada para hamba Allah yang beribadah.


Habib Sholeh Bin Ahmad Bin Salim Al Idrus
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger