Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Pelajaran Wudhu Bag. 1

Pelajaran Wudhu Bag. 1

''Kata wudhu' memiliki arti keindahan, cahaya dan kebersihan.  Ketika Anda melakukan wudhu, air membilas membersihkan dosamu.

Wudhu', Sholat, majlis ilmu, berdzikir menyebut nama Allah dan bersadaqah adalah amalan yang dapat menghapus berbagai jenis kesalahan / Dosa. Itulah sebabnya mengapa kita harus melakukan bermacam macam ibadah dengan maksud agar semua jenis dosa yang juga bermacam macam bisa ikut terhapus.

Ummat terdahulu dan para nabi sebelumnya juga berwudhu, meskipun mungkin metode atau caranya sedikit berbeda dari cara kita berwudhu',  Yang unik dan istimewa untuk umat kita, adalah bahwa pada hari kiamat anggota tubuh akan terlihat berbeda dari ummat ummat lain karena ada cahaya di wajah dan anggota tubuh kita dari jejak / bekas wudhu'.

Bagi kita yang selalu berwudhu' atau selalu menjaga wudhu' anggota badan yang dibasuh air akan memiliki cahaya abadi pada hari kiamat.  Kita yang hanya kadang-kadang berwudhu' akan memiliki cahaya yang kadang muncul dan menghilang. Sangat disayangkan jika kita membuang kesempatan kita dalam kehidupan ini untuk mendapatkan cahaya itu.


Membilas tangan

"Ketika melakukan wudhu" adalah wajib untuk benar-benar membilas tangan kita dari ujung jari sampai dengan siku Anda.

Untuk memastikan bahwa kita telah melakukan ini dengan sempurna, tak ada salahnya jika kita membilas hingga diatas siku, ketika melakukan wudhu', Sayyidina Abu Hurairah RA, membasuh tangannya hingga hampir mencapai bahunya, begitu pula saat mencuci kakinya, beliau membasuh hingga melewati pergelangan kakinya,

Semua hal yang dilakukan untuk memenuhi suatu kewajiban adalah termasuk wajib. Ketika Anda membasuh tangan dalam berwudhu', dosa-dosa yang telah Anda lakukan dengan tangan Anda terhapus menghilang dengan tetes terakhir air yang mengalir dari lengan yang dibasuh.

Sebagian besar gerakan manusia banyak dilakukan oleh tangannya. Inilah sebabnya mengapa Allah berfirman:



 وما أصابكم من مصيبة فبما كسبت أيديكم ويعفو عن كثير



Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).Ash-Shura (42:30)

Tindakan kita selalu dikaitkan dengan tangan kita, meskipun telinga, mata, kaki dan bagian tubuh lainnya juga ikut terlibat.  Pada hari kiamat, catatan kitab amalan kita akan diserahkan melalui tangan kita. Mereka yang taat akan menerima kitabnya di tangan kanan mereka, dan mereka yang tidak taat atau orang-orang kafir akan menerima kitab di tangan kiri mereka dan beberapa akan menerima kitab di belakang punggung mereka.

Jadi berhati-hatilah menggunakan tangan Anda untuk menaati Allah".



Habib Umar Bin Hafidz Saat Membahas Kitab 'Kifayat Al Raghib' Karya Habib Abdullah bin Husain Balfaqih
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger