Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Pelajaran Wudhu Bag. 2

Pelajaran Wudhu Bag. 2

Membasuh Wajah

''Adalah wajib untuk benar-benar membasuh wajah Anda saat Anda melakukan wudhu. (Untuk membasuh muka berarti membasuh hingga di atas garis rambut, juga membasuh telinga dan leher, tengkuk).

Nabi SAW bersabda: "Barangsiapa yang mampu membasuh wajahnya lebih (jika air mencukupi) itu lebih baik.

Kita terus-menerus membersihkan dan mencuci wajah kita agar terlihat indah dalam pandangan manusia lain, apakah kita juga membasuh muka yang kita hadirkan ketika menghadap Allah? (Adakah Allah dihatimu?),

Wajah seseorang pada kenyataannya adalah cerminan keadaan batin mereka dan arah di mana hati mereka difokuskan. Untuk alasan ini kita ucapkan saat memasuki sholat, "sungguh aku memalingkan wajah-ku kepada-Nya yang menciptakan langit dan bumi." (Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal-ardha)

Yang dimaksud adalah bahwa kita mengarahkan hati dan fokus hanya kepada-Nya. Kita mengarahkan wajah ke arah Ka`bah tapi mengarahkan hati Anda hanya kepada Allah.  

Kebenaran atau kesalehan seseorang dapat terlihat dirinya dalam bentuk cahaya di wajah mereka dalam kehidupan ini. Namun, hanya pada hari kiamatlah cahaya muka mereka bisa terlihat jelas..

Allah berfirman:
 وجوه يومئذ مسفرة
 ضاحكة مستبشرة
 ووجوه يومئذ عليها غبرة
 ترهقها قترة

Banyak muka pada hari itu berseri-seri, tertawa dan bergembira ria, dan banyak (pula) muka pada hari itu tertutup debu dan ditutup lagi oleh kegelapan. (Abasa,38-41).



Habib Umar Bin Hafidz Saat Membahas Kitab 'Kifayat Al Raghib' Karya Habib Abdullah bin Husain Balfaqih
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger