Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Beberapa Masjid Peninggalan Sunan Kudus

Beberapa Masjid Peninggalan Sunan Kudus

Masjid Al Aqsa



Saat Syaikh Jafar Shodiq (Sunan Kudus ) berkuasa membangun masjid Al Aqsa atau Al Manar yang berada di desa Kauman Kecamatan Kota ini, menjadi bukti perkembangan perjuangan islam masuk di Indonesia, terutama di Kabupaten Kudus. 

Bangunan yang memiliki panjang 6.333 cm,lebar 2.722 cm, tinggi 1.700 cm, luas bangunan 1.723,8426 meter persegi dan berdiri dilahan 6.326 meter persegi dikelola oleh Yayasan Masjid, Makam, dan Menara Sunan Kudus yang tidak berubah fungsi. Dari dulu, masjid ini dijadikan sebagai tempat ibadah.



Masjid Nganguk Wali



Masjid peninggalan Sunan Kudus juga terdapat di Dukuh Nganguk Desa Kramat Kecamatan Kota. Pembangunan masjid ini berdasarkan cerita, dibangun para ulama' Tionghoa yang merupakan guru Sunan Kudus yang bernama Tee Ling Sing atau dikenal dengan Kyai Telingsing. Saat Kyai Telingsing datang ke daerah itu dan bermaksud mampir sholat, tapi tidak ada mushola.



Kondisi itu membuat guru Sunan Kudus ingak inguk (Tengok kanan kiri) mencari mushola. Akhirnya Kyai Telingsing dibantu sahabatnya Sayid Abdur Rahman mendirikan masjid. Karena ingak inguk seorang wali, masjid itu diberi nama Masjid Nganguk Wali. Di masjid itu terdapat air yang dipercaya oleh sebagian masyarakat memiliki khasiat sebagai obat. Air itu juga terkadang sebagai sarana kalau ada orang yang mau bersumpah.



Masjid Madureksan



Masjid Madureksan ini berdiri di desa Kerjasan Kecamatan Kota. Berdasarkan cerita, masjid yang berasal dari kata Padu dan Reksa dibangun sebelum masjid menara. Masjid yang terbuat dari batu bata merah, semen, dan besi didirikan Sunan Kudus pada tahun 1520. Sedangkan, Masjid Menara dibangun pada tahun 1549.



Di tempat ini Sunan Kudus mengadili berbagai macam perkara dan tempat mengatur siasat perang, meski sebelum masuk masjid harus jongkok terlebih dahulu. Sebab, bangunan masjid yang memiliki panjang 17,2 m, lebar 13 m, tinggi 8 m ini terbenam 70 cm.






Info Seputar Kudus (ISK) dari Buku Inventarisasi Pelestarian Pengelolaan Cagar budaya Kabupaten kudus diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus 2012
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger