Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Wukuf dan Memotong Rambut

Wukuf dan Memotong Rambut


Wukuf di 'Arofah 


 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا كان يوم عرفة فإن الله تبارك وتعالى يباهي بهم الملائكة فيقول انظروا إلى عبادي أتوني شعثا غبرا ضاحين من كل فج عميق أشهدكم أني قد غفرت لهم فتقول الملائكة إن فيهم فلانا مرهقا وفلانا قال يقول الله تعالى قد غفرت لهم.


ketika datang hari 'Arofah maka Alloh akan membanggakan kepada malaikat dan berkata " wahai malaikat lihatlah hamba-hambaku, mereka mendatangiku dengan berantakan rambutnya dan berdebu wajahnya, yang muncul dari daerah yang jauh. Saksikanlah bahwa aku lelah mengampuni dosa mereka" kemudian malaikat berkata " disana terdapat orang-orang yang melakukan kesalahan " Rosul berkata : Alloh berfirman " aku telah mengampuni mereka". 


 ورواه أبو يعلى من حديث أنس ولفظه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول إن الله تطول على أهل عرفات يباهي بهم الملائكة يقول يا ملائكتي انظروا إلى عبادي شعثا غبرا أقبلوا يضربون إلي من كل فج عميق فأشهدكم أني قد أجبت دعاءهم وشفعت رغبتهم ووهبت مسيئهم لمحسنهم وأعطيت لمحسنهم جميع ما سألوني غير التبعات التي بينهم فإذا أفاض القوم إلى جمع ووقفوا وعادوا في الرغبة والطلب إلى الله تعالى فيقول يا ملائكتي عبادي وقفوا فعادوا في الرغبة والطلب فأشهدكم أني قد أجبت دعاءهم وشفعت رغبتهم ووهبت مسيئهم لمحسنهم وأعطيت محسنيهم جميع ما سألوني وكفلت عنهم التبعات التي بينهم


Diriwayatkan oleh Abu Ya'la dari hadist riwayat Anas dengan redaksi " Alloh memberi anugrah bagi ahli 'Arofah dengan membanggakan mereka di hadapan malaikat. Alloh berkata " hai malaikatku lihatlah hambaku yang berantakan rambutnya kotor penuh dengan debu, mereka mendatangiku dari daerah yang jauh, maka saksikanlah bahwa aku telah menerima doa mereka, memberikan kesenangan mereka dan aku berikan orang jelek diantara mereka karena menghormati kepada yang baik diantara mereka dan aku berikan bagi orang yang baik apa saja yang mereka minta kecuali ampunan atas dosa-dosa antara mereka". 

Dan ketika orang-orang menuju arafah dan wukuf dan mereka kembali dengan cinta dan minta pada Alloh, lalu Alloh berkata lagi " hai malaikatku, hamba-hambaku wukuf dan kembali pada cinta kepada alloh serta meminta padaku, maka saksikanlah bahwa aku telah menerima doa mereka, memberikan kesenangan mereka dan aku berikan anugrah bagi orangyang jelek diantara mereka karena menghormati mereka yang baik dan aku berikan bagi orang yang baik apa saja yang mereka minta dan aku tanggung dosa-dosa antara mereka ". 


Memotong Rambut (Halqu) 


 عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال اللهم اغفر للمحلقين

 قالوا يا رسول الله وللمقصرين قال اللهم اغفر للمحلقين قالوا يا رسول الله وللمقصرين قال اللهم اغفر للمحلقين قالوا يا رسول الله وللمقصرين قال وللمقصرين



Diriwayatkan oleh Abu Hurairoh: bahwa Rosululloh bersabda " ya Alloh Ampunilah orang-orang yang memotong rambutnya sampai gundul (halqu)" 

Para sahabat bertanya " bagi orang yang memotong pendek rambutnya juga ya Rosul " 

Rosul menjawab " ampunilah orang-orang yang memotong rambutnya sampai gundul (halqu)" 

Para sahabat bertanya " bagi orang yang memotong pendek rambutnya juga ya Rosul " 

Rosul menjawab " ampunilah orang-orang yang memotong rambutnya sampai gundul (halqu)" 

Para sahabat bertanya " bagi orang yang memotong pendek rambutnya juga ya Rosul " 

Rosul menjawab " dan bagi bagi orang yang memotong pendek rambutnya " 


 عن ابن عمر أن النبي صلى الله عليه وسلم قال للأنصاري وأما حلاقك رأسك فلك بكل شعرة حلقتها حسنة وتمحى عنك بها خطيئة


Dalam riwayat ibnu Umar bahwa Rosululloh SAW berkata pada seorang sahabat Anshor " adapun potongan rambut yang telah engkau kerjakan, maka bagimu dari setiap rambut yang engkau potong akan mendapat satu pahala kebaikan dan menghapus satu dosa ".


Dliya
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger