Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Menyempurnakan Sholat

Menyempurnakan Sholat

 قال بعض العارفين: ينبغي لمن أراد الصلاة الكاملة أن يستعد لها قبل دخول الوقت بالوضوء، وإذا دخل الوقت
 صلى السنة الراتبة، لأن العبد ربما تشعب باطنه وتفرق همه - من نحو المخالطة وأمر المعاش - فتحصل له كدورة.
 فإذا قدم السنة زال ذلك، ثم يجدد التوبة عند الفريضة من كل ذنب عمله، ومن الذنوب عامة وخاصة، ويستقبل القبلة بظاهره والحضرة الإلهية بباطنه، ويقرأ قل أعوذ برب الناس، ثم يرفع يديه ويستحضر في تحرمه عظمة الإله وكبرياءه، ويعلم أن معنى أكبر أنه أكبر من أن يتعاظمه شئ أو يكون في جنب عظمته، وليس معناه أنه أكبر مما سواه من المخلوقين إذ ليس له مشابه.

 Sebagian ulama' ahli ma'rifat berkata :
 
"Seyogyanya bagi orang yang akan melaksanakan sholat dengan sempurna, mempersiapkan wudhu terlebih dahulu sebelum masuknya waktu sholat.

Ketika waktu sholat sudah masuk maka laksanakanlah sholat sunnah Rowatib karena seorang hamba terkadang batinnya bercabang dan semangatnya terpisah-pisah  (sebab semisal berhubungan dengan orang lain dan masalah penghidupan) yang menyebabkannya menjadi kotor, maka ketika mendahulukan sholat sunnah hilanglah kotoran-kotoran tersebut.
 
Setelah itu memperbaharui taubat ketika akan melaksanakan sholat fardhu, taubat dari semua dosa yang telah dilakukannya baik dosa yang umum maupun dosa yang khusus, kemudian menghadap kiblat dalam dhohirnya dan menghadap hadrotul ilahiyah dalam batinnya.
 
Lalu membaca surat an Nas kemudian mengangkat kedua tangannya dan menghadirkan keagungan Allah dalam takbirotul ikhromnya.

Perlu mengetahui juga bahwa makna 'akbar' adalah sesungguhnya Allah maha agung daripada sesuatu yang akan mengagungi-Nya atau dari adanya sesuatu disamping keagungan-Nya, dan makna Allahu Akbar itu bukan Allah lebih besar dari yang lainnya yaitu para makhluk karena tiada yang serupa dengan-Nya."

 وفي العوارف: سئل أبو سعيد الخراز: كيف الدخول في الصلاة؟ فقال: هو أن تقبل عليه تعالى كإقبالك عليه يوم القيامة، ووقوفك بين يديه ليس بينك وبينه ترجمان، وهو مقبل عليك وأنت تناجيه.
 
Abu sa'id Al Khorroz ditanya , bagaimana caranya masuk dalam sholat ?

Beliau menjawab, "caranya adalah engkau menghadap Allah ta'ala sebagaimana engkau menghadap pada-Nya dihari kiamat, dan berdirimu dihadapan-Nya itu tidak ada penterjemah antara dirimu dan diri-Nya, Dia menghadapimu dan kamu bermunajat pada-Nya."

 قال في الأربعين: الأصل ما معناه: ولا تقل الله أكبر إلا وفي قلبك ليس أكبر منه.
 ولا تقل وجهت وجهي إلا وقلبك متوجه بكله إليه تعالى ومعرض عن غيره.
 ولا تقل الحمد لله إلا وقلبك طافح بشكر نعمته عليك، فرح به.
 ولا تقل إياك نعبد وإياك نستعين إلا وأنت مستشعر ضعفك وعجزك، فإنه ليس إليك ولا إلى غيرك من الامر شئ.
 وكذلك في جميع الأذكار والأعمال.
 
Imam Al Gazzali berkata yang asal maknanya adalah, 

"dan janganlah engkau mengucapkan 'Allahu Akbar' kecuali di dalam hatimu tiada yang lebih besar dari-Nya.

Janganlah engkau mengucapkan 'wajjahtu wajhiya..' kecuali hatimu menghadap dengan keseluruhan kepada Allah ta'ala dan berpaling dari selain-Nya.
 
Janganlah engkau mengucapkan 'Alhamdulillahi..' kecuali hatimu penuh dengan rasa syukur atas nikmat-Nya kepadamu dan merasa senang dengan syukur tersebut,
 
Janganlah engkau mengucapkan ' iyyaka na'budu waiyyaka nasta'iin ..' kecuali engkau merasakan kelemahan dan kekuranganmu karena sesungguhnya tiada sesuatupun yang kembali kepadamu juga kepada selainmu.
 
Dan lakukanlah yang seperti itu dalam semua dzikir dan amalan-amalan sholat." Wallohu a'lam.



Dinukil dari kitab 'Ianatut Tolibin karya Sayyid Bakri, Al Arbain Karya Imam Ghazali, dan Kitanb Al Awarif Karya Asyuhrawardi oleh PISS-KTB
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger