Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Week End Ini Kemana?

Week End Ini Kemana?

Biasanya weekend banyak kita yang gak ngerencanain waktu luang dua harian itu dengan niatan ibadah, ibadah asal niatannya karena Allah dan caranya benar sesuai aturan sunnah, hukumnya, serta disusul dengan hati yang ikhlas karena ingin redho-Nya Allah, Insya Allah jadi amal shaleh.


Mengaji Bersama


Bagi yang bekeluarga bisa dengan ngadain baca Qur'an bersama, misalnya ba'da Maghrib, atau usai Isya yang waktunya panjang. Pertama dilakuin sibapak yang dari masjid, disusul dengan ibu kemudian anak perempuannya yang shalat dirumah, untuk sepakat, setelahnya ngumpul buat ngaji bareng, masing-masing dua lembar Qur'an, saling bergantian.


Dan setelah dua lembar bacain juga artinya tuh biar gak kelupaan, kadang kita suka salah, bacanya doang, tapi artinya enggak, itu beneran gak bagus. Rosulullah SAW Mewasiatkan agar kita berpegang kpd Qur'an dan Sunnah buat dipelajari agar kehidupan kita tidak tersesat, dan selamat kelak ketika masanya kita di akhirat


Mendatangi Pengajian

Kedua bisa dengan ngadain acara mendatangi pengajian, biasanya banyak pengajian dilingkungan rumah, di masjid besar dan ternama, carilah acara-acara seperti itu, agar kita termasuk kedalam orang yang suka syiar agama Allah.


Allah SWT Berfirman, "Dan barangsiapa mengagungkan syi'ar-syi'ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati." (Al-Hajj: 32)


Soal ngaji gak usah pilih-pilih guru, datangi dan carilah referensi tentang siapa yang ngisi pengajian, agar mendapat ilmu yang bener, gak sekedar asal ngaji tetapi gak tau yang ngisi. Kemudian dalam belajar, juga diimbangin sama baca buku khusus tentang kumpulan hadist, kumpulan kisah para Nabi, para sahabat Rosulullah SAW karena mereka ini yang pas untuk kita jadiin model beragama yang benar, karena Ilslam saat itu jaya dan dekat dengan kehidupan Rosulullah SAW.


Ibarat kita ini di masa planet pluto, dan Rosulullah ibarat di jaman yang ditandai sama matahari, maka cahaya matahari masih bersinar di planet dideketnya semisal merkurius, venus ampe bumi, dengan belajar kepada generasi terdekat dengan jaman Nabi, Insya Allah kita kejamin didalam kebenaran dalam beragama. Dan jaman sekarang ikutin juga mereka para guru, yang tidak berbeda jalan, dengan generasi Nabi, Sahabatnya, dan Tabiin


Kita pun juga harus ibadah, membaca mengenai mereka, agar kita bisa memberikan pelajaran, dan juga bisa membawa diri saat kita mempelajari agama Islam yang kita cintai ini. Misal pengisi pengajiannya bisa aja lupa, dan kita bisa memperbaikinya artinya saling menasihati dalam kebenaran.


Membahas Tauhid

Kita sekeluarga bisa juga tuh bahas buku mengenai Tauhid, karena tema ini paling penting, dan harus diulang serta di resapi. Karena disini kita bisa menempatkan diri sebagai hamba Allah di kehidupan yang syarat masalah.


Dengan hati yang bersandar kpd Allah, dan terus di kaji Insya Allah, berasa pentingnya kita hidup bersama Allah, dengan menjaga perintah serta larangannya sebaik-baiknya.


Karena apa aja niatan kita didalam hidup, akhirnya akan bertemu dengan-Nya untuk mempertanggung jawabkan apa yang udah kita perbuat untuk beribadah kepada Allah sesuai fungsi kita diciptakan.


Allah SWT Berfirman : "Tidaklah Kuciptakan Jin dan Manusia, kecuali hanya untuk beribadah kepada-Ku (QS Adz Dzariat : 56).


Ust. Yusu Mansur
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger