Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » , » Ahlaq 3 Wali Quthub: Syaikh Abdul Qadir Al Jilany

Ahlaq 3 Wali Quthub: Syaikh Abdul Qadir Al Jilany

Sebagai penutup, kisah ketiga bercerita tentang seorang ulama yang menguasai banyak cabang ilmu agama Islam, seperti ilmu qira'ah, tafsir, hadits, fikih perbandingan antarmahzab, ushuluddin, ushulfiqh, nahwu, tasawuf, dan sebagainya. Beliau bernama Syeikh Abdul Qadir Al-Jilany (470-561 H).



Suatu hari beliau bercerita kepada murid-muridnya tentang perasaannya saat menghadapi orang lain.



"Kalau aku bertemu orang lain, aku selalu berkata dalam hati bahwa orang itu lebih baik daripada diriku sendiri. 

Saat bertemu anak kecil, aku selalu membatin bahwa anak kecil itu belum pernah bermaksiat kepada Allah SWT. 

Saat bertemu orang sepuh, aku selalu membatin bahwa orang sepuh itu sudah lebih lama beribadah kepada Allah SWT. 

Saat bertemu orang awam, aku selalu membatin bahwa orang itu bermaksiat hanya karena bodoh saja, sementara aku tetap bermaksiat walaupun tahu akibatnya. 

Saat bertemu orang kafir, aku selalu membatin bahwa aku tidak tahu jalan hidup manusia; bisa jadi di ujung usianya dia jadi orang sholeh, sementara aku malah jadi orang kafir di kemudian hari."



Inilah sedikit cerita-cerita dari saya, semoga bermanfaat. Sedikit bocoran, tiga ulama yang saya sebut tadi adalah para wali quthub. Sederhananya, wali quthub adalah "pewaris nabi paling utama", jumlah golongan tersebut hanya ada satu orang di setiap masa.



Tugas mereka adalah memimpin semua orang sholeh di muka bumi minimal secara spiritual, bersama Nabi Khiddir a.s. Baik yang sudah wali, maupun yang bukan. Meski berganti-ganti orangnya, setidaknya ada satu persamaannya; berakhlak mulia.



Jadi, selain memahami ilmu fikih, setiap muslim sebaiknya juga memahami ilmu tasawuf. Hal ini karena ilmu tasawuf pada dasarnya adalah tentang pembersihan hati.



Perlu kita ketahui bersama, agama Islam punya sebutan lain, yaitu "agama akhlak".



Dikutip Dari Buku Kembali Menjadi Manusia oleh Doni Febriando
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger