Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Keistimewaan Yaasiin: Sebelum Nabi Adam Diciptakan

Keistimewaan Yaasiin: Sebelum Nabi Adam Diciptakan

Kita akan merasa takjub mengenai urusan Surah Yasin ini jika benar-benar tahu keistimewaannya.



Sebelum Allah SWT mewahyukan Al-Qur'an dan sebelum Allah SWT bacakan Al-Quran kepada Baginda Rasulillah Nabi Muhammad SAW, lebih dahulu Allah SWT telah bacakan surah Yasin dan surah Thohaa itu, jauh sebelum nabi Adam AS diciptakan. Bahkan ada keterangan lain menyebutkan. "Sebelum langit dan bumi ini diciptakan, selama seribu tahun".



Ini adalah urusan Allah SWT sebelum Al-Quran diturunkan atau sebelum Surah Yasin didwahyukan.



Rasulullah SAW bersabda :



 عَنْ أبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إنَّ اللهَ تَعَالَى قَرَأَ طه وَ يس قَبْلَ أنْ يَخْلُقُ ادَمَ عَلَيْهِ السَّلاَمِ بِأَلْفِ عَامٍ, فَلَمَّا سَمِعَ المَلاَئِكَتَهُ القُرْانَ قَالُوا . طُوْبَى لِأُمَّةٍ يَنْزِلُ هَذَا عَلَيْهَا , وَ طُوْبَى لِجَوْفٍ يَحْمِلُ هذَا , وَطُوْبَى لِأَلْسُنٍ تُكَلِّمُ بِهَذَا



Artinya. "dari sayyidina Abi Hurairah RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda. Sesungguhnya Allah Swt telah membacakan surah Thoohaa dan surah Yasin jauh sebelum Dia ciptakan nabi Adam AS, seribu tahun.



Ketika para malaikat mendengarkannya, Maka mereka berkata.


Thuubaa.... alangkah senangnya ummat yang diturunkan kepadanya surat ini (Yasin/Thahaa).


"Thuubaa.... alangkah senangnya bagi pita suara yang selalu melantunkan surah ini.


"Thuubaa... alangkah senangnya bagi lisan-lisan yang selalu membicarakan surah ini (HR. Imam Baihaqi)



Makna lafadz "Thuubaa" ada yang mengartikan nama dari surga, ada pula yang mengatakan "Thuubaa" artinya pohon yang ada di surga.



Makna lainnya adalah kebahagiaan, kesenangan mata memandang, amat gembira, amat baik, amat bagus, sangat keramat dan selalu dalam kebaikan.


Dengan demikian, surah Yasin ini, apabila dibaca maka yang membacanya akan senang, gembira, merasa lebih baik, mendatangkan karomah (jika yang membaca wali), dan insya Allah yang selalu membaca surah Yasin senantiasa memperoleh kebaikan-kebaikan. Amiin..






Sumber: Al-Asma wa As-Shifat, Karya Imam Baihaqi
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger