Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Penyebab Anak Menjadi Nakal (2)

Penyebab Anak Menjadi Nakal (2)

6. Pengaruh Pendidikan

Salah didik bisa membuat anak menjadi nakal. Jika guru dan pihak sekolah membiarkan begitu saja berbagai tindak kenakalan anak didiknya maka bisa berpengaruh buruk pada anak-anak yang baik. Anak yang nakal semakin merajalela dan yang baik bisa ikut-ikutan menjadi nakal dan bahkan juga menjadi korban kenakalan dari rekan-rekannya di sekolah atau di kampus tempat kuliah. Yang paling parah lagi yaitu jika pemerintah atau pihak yang berwenang mengatur sistem pendidikan menerapkan sistem yang bisa membuat anak menjadi anak yang tidak baik.

7. Pengaruh Media Massa dan Sosial Media

Maraknya pengaruh negatif lewat media massa turut dapat memperparah kenakalan anak-anak kita. Belum lagi ditambah dari pengaruh-pengaruh buruk jejaring sosial atau sosial media yang sangat sulit untuk difilter. Dibutuhkan bimbingan orangtua yang intensif, guru, tetangga, masyarakat dan juga pihak-pihak terkait agar anak bisa memahami mana-mana yang baik dan mana-mana yang tidak baik sehingga anak bisa menjaga dirinya sendiri dari serangan pengaruh negatif yang sangat sulit dibendung di era teknologi yang serba modern sekarang ini.

8. Pengaruh Alisan Sesat

Saat ini ada aliran-aliran sesat yang mengatasnamakan agama yang menyebarkan paham-paham sesatnya kepada generasi muda kita. Anak-anak baik yang masih kecil maupun yang sudah remaja yang terkena pengaruh sesatnya bisa dicuci otaknya sehingga menjadi individu baru yang berbeda pemahaman hidupnya. Anak-anak yang berhasil dipengaruhi akhirnya diperbudak untuk membela kepentingan seseorang atau golongan tertentu dengan menganggap orang lain di luar organisasinya sebagai orang-orang yang pantas untuk dizalimi termasuk keluarganya sendiri. Waspadalah penuh dengan aliran sesat semacam ini karena bisa jadi ada di sekitar kita tanpa pernah kita sadari.

9. Pengaruh Zat Adiktif dan Pengaruh Narkoba

Orang yang sudah ketagihan dengan sesuatu bisa menyebabkan anak tersebut melakukan tindakan-tindakan yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Misalnya mencuri, memalak, menipu, membegal, merampok, menodong, mencopet, menjambret, dan lain sebagainya. Tidak hanya sebatas narkoba, rokok, minuman beralkohol (miras), dan sebangsanya saja, namun juga pada ketagihan main game permainan, hobi, dan lain-lain.

10. Pengaruh Cinta

Rasa cinta bisa membuat seseorang kehilangan akal sehatnya. Itulah mengapa seseorang bisa melakukan perbuatan nakal ketika sedang jatuh cinta. Anak-anak yang beranjak dewasa bisa mengalami jatuh cinta. Anak-anak bisa berubah menjadi dewasa atau baligh walaupun secara usia masih di bawah umur 17 tahun. Karena secara agama seseorang dianggap dewasa ketika menginjak usia 15 tahun kalender hijriah atau bahkan kurang, jika secara fisik maupun psikis telah menunjukkan tanda-tanda baligh.

Semoga anak-anak kita tidak menjadi anak-anak yang nakal, namun menjadi anak-anak yang soleh dan solehah semua. Apabila ada hal-hal yang kurang berkenan mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Mudah-mudahan apa-apa yang ada pada tulisan ini bisa membawa banyak kebaikan untuk kita semua.



Mohammad Eksan
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger