Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Cintailah Majelis Ilmu dan Ulama (3)

Cintailah Majelis Ilmu dan Ulama (3)

Al Habib Abdullah bin Alawi Al Haddad berkata: “Ketahuilah bahwa berkumpul dengan orang yang baik (soleh) akan menanam di dalam hati kecintaan pada kebaikan dan membantunya agar mudah melakukan kebaikan itu. Sebagaimana duduk dan bergaul bersama orang yang jelek akan menanam dalam hati cinta kejelekan (maksiat) dan membuatnya mudah melakukan kejelekan itu. Siapa yang bergaul dengan suatu kaum, maka otomatis akan mencintai mereka. Dan seseorang akan dikumpulkan bersama yang dicintainya di dunia dan akhirat”.


Al Habib Muhammad bin Zein
bin Smith berkata: “Jangan engkau duduk kecuali bersama orang yang akan mengingatkanmu kepada Allah dan memberikan semangat kepadamu dalam beribadah, jika kamu mendapati orang itu maka pegangilah dan dekati dia. Sebab tidak ada yang lebih bermanfaat bagi hati daripada duduk bersama sholihin”.


Seorang ahli hikmah berkata:
“Siapa yang berkawan dan mencintai orang yang baik (soleh), maka Allah akan menjadikannya orang yang soleh, sekalipun awalnya dia adalah orang yang jelek (hina). Dan siapa yang berkawan dengan orang yang jelek, maka Allah akan menjadikannya orang yang jelek, sekalipun awalnya dia orang yang baik. Dan jika kalian tidak menjumpai mereka, maka tidak ada yang lebih baik daripada membaca biografi dan sejarah kehidupan mereka serta mempelajari kitab-kitab mereka”.


Karena itu Al Habib Ahmad
bin Zein Al Habsyi berkata: “Kepahaman adalah cahaya yang memancar dalam hati, yang tidak akan diberikan kecuali kepada orang yang duduk bersama sholihin atau mempelajari kitab-kitab mereka”.


Ahli hikmah berkata: “Siapa
yang solat dibelakang orang yang diampuni, maka dia pun akan diampuni oleh Allah dan siapa yang duduk bersama sholihin, akan bertambah semangatnya dalam bertaat dan siapa yang duduk dengan ulama maka akan bertambah ilmu dan amalnya”.


Al Imam Muhammad bin Idris Asy
Syafii berkata: “Empat hal ini menambah kecerdasan: tidak banyak berbicara (fudhul), memakai siwak, bergaul bersama sholihin dan duduk dengan ulama”.





Al Manhaj As SAWiy Syarh Ushuul Thariqah As Saadah Al Ba ‘Alawi, karya Al ‘Allamah Al Habib Zein bin Ibrahim Bin Smith RA.
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger