Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , , » 7 Ibadah Sunnah, 7 Penjaga Iman (4)

7 Ibadah Sunnah, 7 Penjaga Iman (4)

6. Selalu Dalam Keadaan Berwudhu


Banyak hadits yang sangat menganjurkan untuk tetap berwudhu walaupun tidak hendak mendirikan shalat. Berdasarkan sunnah tersebut, mulai generasi sahabat hingga orang-orang shaleh, senantiasa mereka menjaga wudhu dalam segala aktifitas, baik dalam perjalanan, membaca Al-Qur’an, menuntut ilmu, dalam bekerja, ketika hendak tidur, termasuk sebelum dan sesudah berhubungan suami-istri.

berwudhu bukan hanya disaat menghadap
Allah SWT dalam shalat, tapi juga ketika akan tidur – berada dalam kesucian. Allah SWT berfirman, ”Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan mereka yang menyucikan diri” (QS. Al-Baqarah : 222).

Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah SAW, bersabda
, Pada hari kiamat, karena bekas wudhunya (yang bercahaya). Siapa ingin memanjangkan ghurram-nya silakan lakukan” (HR. Bukhari). Dan ”Siapa yang berwudhu (untuk mendapatkan) kesucian, maka Allah akan menetapkan baginya dengan sepuluh kebaikan” (HR. Abu Daud).

Demikian pula ”Seseorang senantiasa dianggap seperti dalam keadaan shalat, asal dia tidak berhadas (HR. Bukhari)

7. Selalu Berdzikir



Dzikrullah memiliki daya hidup. Menghidupkan dan menyemangati jiwa yang rapuh, melapangkan jiwa yang sempit serta membangkitkan keyakinan bagi yang mengalami kelelahan dalam menjalani kehidupan.

Dzikir yang utama :
 
La ilaha illAllah wahdahu la syarika lah. Lahul mulku wa lahu hamdu wa huwa ’ala kulli syay’in qadir
 
SubhanAllah wal hamdu lillah wa ilaha illAllah wAllahu akbar
 
SubhanAllah wa bihamdihi
 
SubhanAllahi wa bihamdihi, subhanAllahil azhim
 
Surah Al-Fatihah


Rasulullah SAW bersabda, ”Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Tuhannya dan orang yang tidak berdzikir, seperti orang yang hidup dan orang yang mati” (HR. Bukhari)


Allah SWT telah berfirman: ”Dan laki-laki yang banyak menyebut (mengingat) Allah disertai dengan perempuan yang banyak menyebut Allah, maka Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar ” (QS. Al-Ahzab : 35). ”Maka apabila kami telah menyelesaikan shalat, ingatlah di waktu berdiri, duduk maupun berbaring ….” (QS. An-Nisa: 103). ”Karena itu, ingatlah kalian pada-Ku, niscaya Aku pun akan ingat pada kalian…” (QS. Al-Baqarah : 152). ”ingatlah tuhanmu sebanyak-banyaknya dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu di waktu petang dan pagi ” (QS. Ali-Imran : 41)


Dalam Pribadi yang berdzikir maka Setiap kalamnya adalah dakwah, Setiap diamnya adalah dzikir, Setiap napasnya adalah tasbih, Setiap pandangan matanya adalah rahmat, Setiap suara telinganya selalu terjaga, Setiap pikirannya adalah baik sangka, Setiap gerak hatinya adalah doa, Setiap sentuhan tangannya adalah sedekah, Setiap langkah kakinya adalah jihad, Kekuatannya adalah silaturahmi, Kesibukannya adalah memperbaiki diri, Kerinduannya adalah tegaknya syari'at Allah SWT. Wallahu a’lam bishawab.





Sumber: serial Artikel singkat ” 7 Sunnah Harian NABI SAW ”
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger