Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Manfaat Bawang Putih Bag. 1

Manfaat Bawang Putih Bag. 1

Bawang putih dalam Bahasa Arab disebut fuum. Ada sebuah hadits Nabi SAW menyebutkan: “Makanlah bawang putih dan berobatlah dengannya, karena di dalamnya terkandung obat untuk 70 penyakit.” 

Bawang putih adalah buah yang biasa digunakan untuk kepentingan pengobatan. Bawang putih memiliki khasiat pengobatan yang besar, karena di dalamnya terkandung unsur minyak yang mudah menguap dan unsur-unsur sulfat.

Sejarah tentang bawang putih ini sudah berlangsung lama sekali, merujuk ke 3.000 tahun sebelum masehi. Buah ini telah digunakan oleh Bangsa-Bangsa Babilonia sebagai makanan sekaligus obat. Demikian pula Bangsa Yunani dan Orang Mesir Kuno. Orang-orang Yunani menyebutnya sebagai ‘obat penawar racun’.


Melihat peran penting tumbuhan ini ditinjau dari ilmu kedokteran, maka di beberapa buku rujukan kedokteran disebutkan tentang khasiat tanaman obat ini. Terhimpun dalam uraian berikut.


15 Manfaat Bawang Putih


Merangsang pencernaan.


Membersihkan lambung.


Menghentikan diare yang disebabkan oleh mikroba.


Menghentikan disentri.


Bermanfaat bagi saraf.


Menghindari pembusukan di lambung.

Jika dicampur dengan susu yang sudah diasamkan, maka bisa digunakan untuk menghilangkan batu ginjal dan meringankan sakit ginjal.


 Meringankan sesak nafas dan gatal-gatal. Yaitu dengan cara membuat minuman bawang putih yang ditambah dengan 2 sendok madu hitam dan bawang putih tersebut sudah dikupas dan digiling lalu dibiarkan antara 2-3 jam. Ramuan itu diminum 1 sendok pada saat mulai batuk.


Mengobati penyakit saluran pernafasan seperti yang diakibatkan oleh batuk rejan. Bisa juga diberikan kepada anak-anak sekitar 10-12 tetes dari air bawang putih ini yang dicampur dengan air jeruk, berikan setiap 4 jam sekali.


Memelihara dan menjaga tekanan darah, mengaktifkan gerakan jantung, merangsang peredaran darah dan untuk mengobati pengerasan di pembuluh darah.

Bawang putih, peterseli, minyak zaitun dan jeruk nipis dapat digunakan untuk menghancurkan batu ginjal.


Bawang putih juga memiliki khasiat melembutkan. Oleh karena itu biasa digunakan untuk mengobati sulit buang air besar.


Baru-baru ini dari bawang putih berhasil dikeluarkan satu obat yang disebut dengan aniodul yang dimasukkan ke dalam kapsul dan ditutup rapat agar mudah dikonsumsi untuk mengobati penyakit tifus.


Minyak bawang putih yang mudah menguap dan airnya memiliki khasiat membunuh berbagai jenis mikroba yang menyebabkan beberapa penyakit. Bahkan lebih berpengaruh daripada bawang merah.


Bawang putih juga dapat membunuh cacing di perut anak-anak sekaligus membersihkan lambung. Oleh karena itu, dianjurkan memberi satu gelas susu kepada anak pada pagi hari. Disusul kemudian dengan memanaskan beberapa butir bawang putih dalam air mendidih dan memberikannya kepada anak-anak sebagai obat pencahar. Hal itu terbukti dapat membunuh cacing yang keluar bersama tinja.



Azi Achmad
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger