Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Berbuat Baik Pada Orang Tua

Berbuat Baik Pada Orang Tua

"Hendaklah kalian berbuat baik kepada orang tua kalian niscaya anak kalian akan berbuat baik kepada kalian" (Al Hadits)


Berbuat baik kepada kedua orang tua harus didahulukan dari pada ibadah fardhu kifayah, berjihad dan amalan-amalan sunnah lainnya. 

Imam Qurthubi secara umum mengatakan, dalam berbakti kepada kedua orang tua hendaknya seorang anak menyetujui apa yang dikehendaki, diinginkan dan dimaui oleh kedua orang tua.


Abu Hurairah r.a dalam hadits shahih yang diriwayatkan Imam Bukhari dalam kitabnya Al Adabul Mufrad, menjelaskan tentang bagaimana berbakti kepada kedua orang tua. "Janganlah engkau memberikan nama seperti namanya, janganlah engkau berjalan dihadapannya, dan janganlah engkau duduk sebelum dia duduk". Bahwa orang yang paling baik untuk kita jadikan teman dan sahabat karib selama-lamanya adalah orang tua sendiri.


Harta yang dimiliki seorang anak pada hakekatnya adalah milik orang tua. Sebagaimana telah datang seseorang kepada Nabi Shallallahu ’alaihi wasallam, "Ya Rasulullah, orang tua saya telah mengambil harta saya" kemudian Nabi SAW memarahi orang tersebut dan berkata, "Kamu dan hartamu milik bapakmu".


Untuk menjadikan anak shalih berbakti kepada orang tua, bergantung dari pendidikan orang tua terhadap anaknya. Kalau ingin memiliki anak yang berbakti kepada kedua orang tua, tidak boleh meninggalkan pendidikan. 

Cara mendidiknya supaya menjadi anak yang shalih, anak yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta taat kepada kedua orang tuanya. Sejak kecil dididik dengan mentauhidkan Allah, diajarkan Al-Qur’an, diajarkan cinta kepada Rasulullah SAW plus sunnah dan juga diajarkan tentang shalat.


Jadi dengan berbuat baik kepada orang tua, insya Allah anak-anak akan berbuat baik kepadanya. Kalau ingin bahagia dan mendapat berkah dari Allah SWT dan diluaskan rezeki serta dipanjangkan umur dan dimudahkan segala urusan, dimasukkan ke dalam surga maka harus terus berbuat baik kepada orang tua. 

Jangan lupakan semua yang pernah diberikan kedua orang tua karena semua kebaikan mereka tidak dapat dihitung dengan apapun juga.



H. Basri Abu Bakar
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger