Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Ahlus Suffah

Ahlus Suffah


Rasulullah SAW berkata, "Kerapkali orang yang berpenampilan kusut, berdebu, berpakaian lusuh dan disepelekan, jika bersumpah dengan nama Allah, niscaya Allah SWT akan mengabulkan. Sekiranya dia berkata, 'Ya Allah, saya memohon surgamu,' niscaya Allah SWT akan menganugerahkan surga kepadanya dam tidak memberikan sedikit pun bagian dari dunia." (HR. Muslim).


Orang yang dimaksud oleh Nabi tersebut tidak lain adalah Ahlus Suffah, orang-orang yang berubudiyah dan tinggal di mesjid Nabi, mereka lah generasi Sufi Pertama.


Ada 70 orang Ahlus Suffah tinggal bersama Nabi diantaranya lah Abu Hurairah, Abu Dzaarr al-Ghifâri, Wâtsilah bin Asqa’, Salmân al-Fârisi dan mereka semua mendapat pendidikan langsung dari Nabi.


Ahlus Shufah adalah orang orang yang senantiasa berubudiyah, membantu Nabi setiap saat dan lebih mencintai Rasul dari pada diri mereka dan keluarga mereka. Begitu fokusnya mereka kepada Nabi sehingga mereka tidak sempat mengurus diri mereka sendiri, mereka lah yang disebut Nabi "lusuh, kusut dan disepelekan" namun doa mereka makbul.


Di zaman Sayyidina Umar bin Khatab para Ahlus Shuffah yang langsung mendapat bimbingan Nabi dikirim ke seluruh penjuru dunia membantu menyebarkan Islam keseluruh penjuru dunia.


Setelah zaman Nabi, pendidikan model Ahlus Shufah ini diteruskan para Ulama Pewaris Nabi, Para Guru Mursyid dengan model yang sama di zaman Nabi. Pendidikan Ahlus Shufah ini lah yang bisa mencetak manusia yang beriman dan bertaqwa serta berbudi pekerti baik sehingga menjadi rahmat bagi sekalian Alam.

Pendidikan Ahlus Shuffah ini tetap ada sampai saat ini dan insya Allah akan terus ada sampai akhir zaman, tentu dibawah bimbingan Para Guru Mursyid yang dikasihi Allah. Semoga kita semua termasuk salah satu diantara mereka.


SufiMuda Community
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger