Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Doa Terkabul Di Hari Rabu

Doa Terkabul Di Hari Rabu

Sunnah ini mungkin belum diketahui oleh kebanyakan orang, yaitu dikabulkannya doa nabi diantara shalat Zhuhur dan Ashar di hari Rabu. Hal ini diceritakan oleh Jabir bin Abdillah Radhiallahu’anhu:

ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺩﻋﺎ ﻓﻲ ﻣﺴﺠﺪ ﺍﻟﻔﺘﺢ ﺛﻼﺛﺎ ﻳﻮﻡ ﺍﻻﺛﻨﻴﻦ، ﻭﻳﻮﻡ ﺍﻟﺜﻼﺛﺎﺀ، ﻭﻳﻮﻡ ﺍﻷﺭﺑﻌﺎﺀ، ﻓﺎﺳﺘُﺠﻴﺐ ﻟﻪ ﻳﻮﻡ ﺍﻷﺭﺑﻌﺎﺀ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺼﻼﺗﻴﻦ ﻓﻌُﺮِﻑَ ﺍﻟﺒِﺸْﺮُ ﻓﻲ ﻭﺟﻬﻪ
ﻗﺎﻝ ﺟﺎﺑﺮ : ﻓﻠﻢ ﻳﻨﺰﻝ ﺑﻲ ﺃﻣﺮ ﻣﻬﻢٌّ ﻏﻠﻴﻆ ﺇِﻻّ ﺗﻮﺧَّﻴْﺖُ ﺗﻠﻚ ﺍﻟﺴﺎﻋﺔ ﻓﺄﺩﻋﻮ ﻓﻴﻬﺎ ﻓﺄﻋﺮﻑ ﺍﻹﺟﺎﺑﺔ

“Nabi shallallahu ‘alahi Wasallam berdoa di Masjid Al Fath 3 kali, yaitu hari Senin, Selasa, dan Rabu. Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu diantara dua shalat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau. Berkata Jabir : ‘Tidaklah suatu perkara penting yang berat pada saya kecuali saya memilih waktu ini untuk berdoa, dan saya mendapati dikabulkannya doa saya‘”

Dalam riwayat lain dijelaskan:

ﻓﺎﺳﺘﺠﻴﺐ ﻟﻪ ﻳﻮﻡ ﺍﻷﺭﺑﻌﺎﺀ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺼﻼﺗﻴﻦ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﻭﺍﻟﻌﺼﺮ

“Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu diantara shalat Zhuhur dan Ashar” (HR. Ahmad, no. 14603, Al Haitsami dalam Majma Az Zawaid, 4/15, berkata: “Semua perawinya tsiqah”)

Jangan lupa juga doa di waktu pagi dan petang

Di waktu pagi:

 اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوتُ وَإِلَيْكَ اَلنُّشُورُ

Alloohumma bika ashbahnaa wa bika amsainaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikannusyuur

Ya Allah dengan kekuasaan-Mu aku memasuki pagi dengan kekuasaan-Mu aku memasuki petang dengan kekuasaan-Mu aku hidup dengan kekuasaan-Mu aku mati dan kepada-Mu-lah tempat kembali.

 Di waktu petang:

 اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوتُ وَإِلَيْكَ اَلْمَصِيرُ

Alloohumma bika ashbahnaa wa bika amsainaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikal mashiir

Ya Allah dengan kekuasaan-Mu aku memasuki pagi dengan kekuasaan-Mu aku memasuki petang dengan kekuasaan-Mu aku hidup dengan kekuasaan-Mu aku mati Dan kepada-Mu-lah tempat berpulang.

Do’a di bawah ini tidak pernah dilewatkan Rasulullah ketika pagi dan petang

 اَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي اَللّٰهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي وَآمِنْ رَوْعَاتِي وَاحْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي وَمِنْ فَوْقِي وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Alloohumma innii as alukal ‘aafiyata fii diinii wa dun yaaya wa ahlii wa maalii

Allohummastur ‘aurootii wa aamin rou’aatii wahfizhnii min baini yadayya wa min kholfii

Wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fauqii

Wa a’uudzu bi ‘azhomatika an ughtaala min tahtii

Ya Allah aku memohon keselamatan dari-Mu dalam agamaku duniaku keluargaku dan hartaku. Ya Allah tutupilah auratku amankanlah kekhawatiranku jagalah diriku dari depanku belakangku sebelah kananku sebelah kiriku dan dari atasku. Aku berlindung dengan keagungan-Mu dari bahaya yang datang dari bawahku



Mozaik Islam
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger