Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Waktunya Kita Takut

Waktunya Kita Takut


Benarkah kita memiliki persyaratan keimanan yang kuat? 

Benarkah kita mempunyai rasa takut kepada Allah? 

Jangan-jangan itu hanya akal-akalan semata? 

Atau sebenarnya kita pura-pura takut kepada Allah, meskipun khauf (takut) adalah syarat keimanan kepada Allah SWT. Mari kita merenungkan kadar keimanan kita.


Menurut Imam Al-Ghazali terdapat 4 indikator rasa takut:


1) Mengingat dosa-dosa yang telah dikerjakan dan mengingat ketidakberdayaan untuk melawan agar tidak melakukan kezaliman.


2) Mengingat beratnya siksa Allah bagi orang-orang yang durhaka dan mengakui dengan sepenuh hati bahwa dirinya pasti tidak akan kuat menghadapi penderitaannya.


3) Mengingat kelemahan diri untuk menanggung sakitnya siksa.


4) Ingat akan kekuasaan Allah terhadap semua makhluk-Nya.


Syaikh Sahal mengatakan,"Sempurnanya iman seseorang itu dengan ilmu, dan sempurnanya ilmu adalah dengan takut. Tidak cukup iman seseorang bila tidak disertai ilmu. Dan tidak cukup ilmu seseorang jika tidak punya perasaan takut.


Allah SWT berfirman, "Hanya hamba Allah yang berilmu saja yang dapat mempunyai perasaan takut kepada Allah."(QS Fathir 35: 28)




Imam Al-Ghazali dalam Minhajul Abidin
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger