Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Pentingnya Sanad dan mengikuti Ijma' Ulama

Pentingnya Sanad dan mengikuti Ijma' Ulama


Berkata Imam Syafii Radhiyallahu ‘Anhu,

"Yang mencari ilmu tanpa sanad adalah bagaikan pencari kayu bakar di malam hari yang gelap dan membawa pengikat kayu bakar yang padanya ular berbisa yang mematikan dan ia tak mengetahuinya”,


Berkata Imam Atsauri, 

“Sanad adalah senjata orang mukmin, jika kau tak punya senjata maka bagaimana kau akan melawan kejahatan?”


Dan berkata Ibn Mubarak, 

“Ilmu tanpa sanad bagaikan orang yang menaiki loteng tanpa tangga, dan Allah telah memuliakan ummat ini dengan sanad, dan menjadikannya kekhususan diantara hamba-hamba Nya”. (Faidhul Qadir oleh Imam Abdurrauf Al Manawiy.Juz 1 hal 433)
 
Maka ambillah guru yang mempunyai sanad, sanad gurunya yang bersambung kepada para Imam dan Rasul SAW.
 
Lalu jika seorang berpedoman pada buku, maka jika buku itu salah cetak, atau ia salah faham, atau buku itu penjelasannya ringkas hingga menimbulkan arti pada diri kita yang berbeda dengan maksud si penulis, maka siapa yang akan bertanggungjawab?
 
Kita Ahlussunnah Waljamaah Ala Madzahib Al Arba’ah mempunyai sanad dalam segala hal ibadah kita. Diantara mereka ada yang menyalahkan seluruh madzhab, karena 4 madzhab besar berbeda dengan mereka, mereka memisahkan diri dari shaf jamaah muslimin.


Dan Rasul SAW telah bersabda, “Barangsiapa yang memisahkan diri sejengkal dari jamaah muslimin, lalu ia wafat (sebelum bertobat) maka ia mati dalam kematian Jahiliyah” (Shahih Bukhari).
 
Mari, pastikan Guru-guru kita, Ustadz-ustadz mempunyai sanad keilmuan yang sambung menyambung sampai ke Rasulullah SAW.





M. Syafi’i
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger