Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Sisa Umur Ummat Nabi Muhammad (Datangnya Hari Kiamat) Bag. 3

Sisa Umur Ummat Nabi Muhammad (Datangnya Hari Kiamat) Bag. 3

Imam Ibnu Rajab Al Hanbali

Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: Sesungguhnya masa menetap  kamu dibandingkan  dengan umat-umat yang telah berlalu adalah seperti  jarak waktu antara salat Ashar hingga terbenamnya  matahari.  Hadis  tersebut diriwayatkan dari Ibnu Umar oleh Imam Bukhari.

Dan menurut penafsiran Ibnu Rajab,  “umat-umat yang telah berlalu” itu adalah umat  Nabi Musa (yahudi) dan umat Nabi Isa (nasrani) karena  ada hadis sahih  lain yang berbunyi seperti itu yang intinya membandingkan Islam dengan  Ahli Kitab.  Beliau  telah meletakkan keseluruhan masa dunia adalah seperti satu hari penuh  dengan siang dan malamnya. Beliau menjadikan waktu yang telah berlalu  dari umat-umat terdahulu dari masa Nabi Adam  hingga Nabi Musa seperti  waktu satu malam dari hari tersebut, dan waktu itu adalah 3000 tahun. Kemudian beliau menjadikan masa umat-umat yahudi, nasrani dan Islam  adalah seperti waktu siang dari  hari tersebut, maka berarti waktu itu  juga 3000 tahun. 

Kemudian  beliau mentafsirkan hadis Bukhari lainnya bahwa masa-masa amaliah umat  Bani Israil (umat  Nabi Musa) hingga datangnya Nabi Isa seperti setengah  hari pertama, dan masa amaliah umat Isa adalah  seperti waktu salat Zuhur hingga salat Ashar, dan masa amaliah umat Islam adalah seperti  sesudah salat Ashar hingga terbenamnya matahari. 

Jadi perhitungan menurut Ibnu Rajab itu sebagai berikut:   
Masa umat-umat Adam hingga Musa = satu malam penuh = 3000 tahun

Masa umat-umat (yahudi – nasrani – Islam) = satu siang penuh = 3000 tahun

Umur Yahudi = setengah hari dari siang tersebut = ½ dari 3000 = 1500 tahun

Umur Nasrani = mengikuti hadis Muslim dari Salman al Farisi yaitu = 600 tahun  Maka  umur umat Islam adalah 1500 – 600 = 900 tahun.

Kemudian 900 tahun ini  ditambahkan lagi 500 tahun (setengah hari akhirat) sebagaimana hadis  dari Saad bin Abu Waqash riwayat Abu Dawud, Ahmad  (yang ada dihalaman  terdahulu).  Sehingga  umur Islam menurut Ibnu Rajab adalah 900 + 500 = 1400 tahun, belum  termasuk tambahan tahun.

Namun beliau tidak menyebut berapa tahun tambahannya.  Perhitungan ini sama dengan metode yang digunakan oleh Ibnu Hajar.

Kesimpulan tiga pendapat

1. Umur Umat Islam menurut Al Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani adalah 1476 tahun. Atau sisa 40 tahun lagi  dari sekarang (2016). 

2. Umur Umat Islam menurut Jalaluddin As-Suyuthi adalah 1477 tahun. Atau sisa 41 tahun lagi dari  sekarang (2016). 

3. Umur Umat Islam menurut Ibnu Rajab Al-Hanbali adalah lebih dari 1400 tahun.

Wallahu a’lam bis showab, hanya  Allah yang mengetahuinya. Maka sebagai manusia yang berakal dan  beriman, sudah sepantasnya kita bersiap siaga dengan memantapkan kesatuan ummah dan memperbaiki segala amal ibadah.



Al-habib Muhammad Rafiq Al-kaff
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger