Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Bisikan Hati Yang Menggoda

Bisikan Hati Yang Menggoda


Termasuk godaan hati adalah 'bisikan hati' atau disebut al-Khatr. al-Imam Hujjatul Islam Abu Hamid al-Ghazali rahimahullah mengategorikan ini termasuk godaan yang sifat-nya kadang-kadang, sedang pada faktanya ada yang datangnya bertubi-tubi dan adakalanya sekali saja, kemudian lenyap begitu saja. Tapi jangan salah ini juga termasuk perkara yang membahayakan bahkan ada yang membinasakan.


ﺍﻷﺧﻄﺎﺭ ﻣﻦ ﻛﻞ ﺷﻴﺊ ﻳﺨﺎﻓﻪ ﺃﻭ ﻳﺮﺟﻮﻩ ﺃﻭﻳﺮﻳﺪﻩ ﺃﻭﻳﻜﺮﻫﻪ ﻭﻻﻳﺪﺭﻱ ﺻﻼﺣﻪ ﺃﻭ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺃﻭ ﻓﺴﺎﺩﻩ


Gambaran dari al-Akhthar, jamak dari khatr ini adalah seperti rasa khawatir yang berlebihan pada sesuatu yang belum terjadi, rasa berharap yang sangat pada sesuatu baik keadaan atau suatu barang, rasa benci yang sangat pada sesuatu atau bahkan rasa senang yang berlebihan pada sesuatu.


Contoh, anda atau saya pernah melakukan dosa yang sangat besar (kecuali syirik), anda atau saya sudah bertaubat dari dosa-dosa tersebut dan sudah memenuhi sarat taubat secara syar'i, akan tetapi hati anda selalu bertanya-tanya dan meragukan bahwa Allah subhanaHu wa Ta'ala Maha Menerima taubat (tawwab ar-rahim), padahal dosa kemaksiatan itu nisbat-nya makhluk, artinya setiap makhluk itu tidak terlepas dari melakukan dosa kesalahan kecuali yang Makhsum. 

Bahkan sebuah hadits qudsi dikatakan bahwa "andaisaja tidak ada makhluk yang melakukan dosa kesalahan pastilah AKU (Allah) Membinasakan makhluk-makhluk itu kemudian AKU Menciptakan makhluk baru yang melakukan dosa-kesalahan kemudian mereka bertaubat dan AKU Menerima taubat-kesalahan mereka.


Obat penangkal dari godaan ini adalah at-Tafwidl ilallah, yaitu: at-Taslim bitarkil munaza'ah wa mudlayaqah. Artinya: menyerahkan perkara-nya secara totalitas kepada Allah subhanaHu wa Ta'ala dengan tanpa ada keinginan menarik kembali urusan-nya serta tanpa adanya keresahan didalam hati.


Jujur godaan hati yang model seperti jarang seseorang yang menyadarinya, hati mereka gundah gulana, sedih, menghina dirinya sendiri dan yang lebih parah lagi mereka tidak tahu jalan keluar-nya. Bukan apa-apa kondisi hati yang semacam ini membuat terpuruk dan sulit melakukan kebaikan sehingga sulit bangkit dari kesalahannya.





Ust. Ulinuha Asnawi
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger