Ciri-ciri burung yang halal
adalah setiap burung yang punya lingkaran di lehernya, sedangkan ciri-ciri
burung yang haram adalah setiap burung yang mempunyai kuku/cakar untuk melukai
mangsanya.
Dalam Kitab Roudhoh (3/273-274) dijelaskan:
فرع كل ذات طوق من الطير
حلال ، واسم الحمام يقع على جميعها ، فيدخل فيه القمري والدبسي واليمام
والفواخت . وأدرج في هذا القسم ، الورشان والقطا والحجل وكلها من الطيبات .
وما على شكل العصفور في حده فهو حلال ، ويدخل في ذلك الصعوة والزرزور والنغر
والبلبل وتحل الحمرة والعندليب على الصحيح فيهما . وتحل النعامة والدجاج
والكركي والحبارى . وفي البغبغاء والطاووس ، وجهان : قال في " التهذيب
" : أصحهما : التحريم .
Cabang : Semua burung yang
berkalung (mempunyai lingkaran di lehernya) hukumnya halal, dan nama
burung merpati semuanya masuk dalam hal ini. Maka burung tekukur, burung
merpati hutan dan jenis tekukur masuk halal. Burung warsyan (jenis
merpati), burung qotho, burung puyuh dan semua jenisnya adalah masuk ke
bagian yang halal ini karena semuanya termasuk toyyibaat.
Burung yang bentuknya seperti burung
pipit dalam ukurannya maka hukumnya halal, dan termasuk didalamnya adalah
burung sho'wah (burung kecil), burung tiung, burung pipit, dan burung
bulbul. Burung hamroh dan burung murai hukumnya halal menurut pendapat yang
shohih. Burung unta, ayam kalkun, burung jenjang dan burung chubaro hukumnya
halal. Burung nuri dan burung merak ada dua wajah pendapat, pemilik kitab
at-Tahdzib berkata bahwa pendapat yang ashoh adalah haram.
والشقراق ، قال في " التهذيب
" : حلال . وقال الصيمري : حرام . قال أبو عاصم : يحرم ملاعب ظله ، وهو
طائر يسبح في الجو مرارا ، كأنه ينصب على طائر . قال : والبوم حرام كالرخم .
والضوع حرام ، وفي قول : حلال . وهذا يقتضي أن الضوع غير البوم ، لكن في
" الصحاح " : أن الضوع طائر من طير الليل من جنس الهام . وقال
المفضل : هو ذكر البوم . فعلى هذا إن كان في الضوع قول ، لزم إجزاؤه في
البوم ؛ لأن الذكر والأنثى من الجنس الواحد لا يفترقان . قلت : الضوع -
بضاد معجمة مضمومة وواو مفتوحة وعين مهملة والأشهر : أنه من جنس الهام . والله
أعلم .
Burung gagak menurut pemilik kitab
at-Tahdzib hukumnya halal, tetapi menurut as-Shoimuri hukumnya haram. Abu
ashim berkata burung mala'ib dhillihi hukumnya haram, yaitu burung yang
terbang di udara berkali kali seolah-olah dia menyerang burung lainnya.
Abu ashim berkata, burung hantu
hukumnya haram seperti burung pemakan bangkai/nasar. Burung dhuwa' (jenis
burung malam) hukumnya haram, dan satu pendapat hukumnya halal, kalau
halal maka dhuwa' bukanlah burung hantu, tetapi dalam kitab as-Shihah bahwa
dhuwa' adalah burung malam hari termasuk jenis burung hantu. Al-mufadhol
berkata bahwa dhuwa' adalah burung hantu jantan.
Jadi berdasarkan hal ini
harusnya dhuwa' hukumnya sama dengan burung hantu karena baik jantan
ataupun betina dari satu jenis hukumnya tidak ada bedanya. Menurutku Imam
Nawawi, ad dhuwa' dengan dhommah huruf bertitik, wawu dibaca fathah, dan
'ain yang tidak bertitik, menurut pendapat yang lebih masyhur adalah termasuk
jenis burung hantu.
قال أبو عاصم : النهاس حرام
كالسباع التي تنهس . واللقاط حلال ، إلا ما استثناه النص ، وأحل البوشنجي
اللقاط بلا استثناء . قال : وما تقوت بالطاهرات فحلال ، إلا ما استثناه النص
، وما تقوت بالنجس فحرام .
فرع أطلق مطلقون القول
بحل طير الماء ، فكلها حلال ، إلا اللقلق ، ففيه خلاف سبق . وحكي عن الصيمري
: أنه لا يؤكل لحم طير الماء الأبيض ، لخبث لحمها .
Abu 'ashim berkata, An-nahhas (jenis
burung yang suka menggigit) hukumnya haram seperti hewan buas yang suka
menggigit. Burung al-Luqot halal kecuali yang di kecualikan oleh Nash.
Al-busanji menghalalkan al luqot tanpa pengecualian. Burung-burung yang
makannya benda suci maka hukumnya halal kecuali yang di kecualikan oleh Nash.
Dan burung-burung yang makannya benda najis maka hukumnya haram.
Cabang: Para ulama' ada yang
memutlakkan halalnya burung air (misalnya angsa, bebek dll),
semuanya halal kecuali bangau, bangau terdapat khilaf. Diceritakan dari
as-Shoimuri bahwa daging burung air yang putih tidak halal sebab dagingnya
buruk.
Penjelasan dalam Kitab Al-Majmu’
Syarah Al-Muhadzab :
( أما الأحكام ) ففيها مسائل : (
إحداها ) اتفق أصحابنا على أنه يحل أكل النعامة والدجاج والكركي والحبارى
والحجل والبط والقطا والعصافير والقنابر والدراج والحمام ، قال أصحابنا :
وكل ذات طوق من الطير فهي داخلة في الحمام ، وهي حلال ، فيدخل فيه القمري
والدبس واليمام والفواخت ويحل الورشان وكل ما على شكل العصفور وفي حده فهو
حلال ، فيدخل في ذلك الصعوة والزرزور والنغر بضم النون وفتح الغين المعجمة
والبلبل ويحل العندليب والحمرة على المذهب الصحيح ، وفيهما وجه ضعيف أنهما
حرام ، وفي الببغاء والطاووس ( وجهان ) قال البغوي وغيره : ( أصحهما التحريم
) . [ ص: 23 ] وأما ) الشقراق فقطع البغوي بحله والصيمري بتحريمه ، قال أبو
عاصم العبادي : يحرم ملاعب ظله وهو طائر يسبح في الجو مرارا ، كأنه ينصب على
طائر قال أبو عاصم والبوم حرام كالرخم قال : والضوع بضم الضاد المعجمة وفتح
الواو بالعين المهملة حرام على أصح القولين ، قال الرافعي : هذا يقتضي أن
الضوع غير البوم ، قال : لكن في صحاح الجوهري أن الضوع طائر من طير الليل من
جنس الهام ، وقال المفضل : هو ذكر البوم قال الرافعي : فعلى هذا إن كان في
الضوع قول لزم إجراؤه في البوم لأن الذكر والأنثى من جنس واحد لا يفترقان .
( قلت ) : الأشهر أن الضوع من
جنس الهام فلا يلزم اشتراكهما في الحكم قال أبو عاصم النهاش حرام كالسباع
التي تنهش ، قال : واللقاط حلال إلا ما استثناه النص يعني ذا المخلب ، وقال
البوشنجي : اللقاط حلال بلا استثناء ، قال أبو عاصم : وما تقوت بالطاهرات
فحلال إلا ما استثناه النص ، وما تقوت بالنجس فحرام .
( فرع ) قال الشافعي والمصنف
والأصحاب : يحرم أكل كل ذي مخلب من الطير يتقوى به ويصطاد كالصقر والنسر
والبازي والعقاب وغيرها للحديث السابق .
www.fb.com/groups/piss.ktb/1188121644543975/
oleh Ust. Nur Hamzah dan Ust. Gufron
Posting Komentar