Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Berdoa di Makam Wali

Berdoa di Makam Wali

Ada sebuah kitab berjudul Adab al-Du'a' al-Musamma Adab al-Murta'a fi 'Ilm al-Du'a, karya Imam Ibnu al-Mibrad, seorang ulama madzhab Hanbali yang hidup pada abad ke 10 Hijriyah. Kitab ini diterbitkan oleh Wahabi dan disebarluaskan di media online mereka. 

Dalam kitab tersebut pada halaman 183 dijelaskan:

Bagian tentang tempat - tempat dikabulkannya doa.

Hendaknya orang yang berdoa memilih tempat - tempat yang diharapkan doa dikabulkan. Hal tersebut telah datang dari sekumpulan para ulama. Diriwayatkan dari Syamsuddin Ibnu Abi Umar bahwa beliau banyak memohon terutama di tempat-tempat yang diharapkan doa dikabulkan.

Ibnu Rajab berkata dalam al-Thabaqat: Sesungguhnya berdoa di samping makam Utsman bin Musa al-Tha'iy itu dikabulkan.

Al-Hafizh Ibrahim al-Maqdisi rutin berdoa pada hari Rabu antara waktu zhuhur dan ashar di pemakaman para Syuhada' di pintu Shaghir.

Syaikh Abu Umar selalu berdoa di Maghratud Dam dalam shalat istisqa' yaitu shalat minta turun hujan, dan menghadirkan kaum wanita bersama beliau.

Demikian pernyataan Ibnu al-Mibrad, bahwa madzhab Hanbali dalam soal tabaruk dengan makam para wali dan orang shaleh, sama dengan masyarakat nusantara dan kaum nahdliyyin. 

Ajaran anti tabaruk di makam para wali adalah ajaran baru yang dibawa oleh Ibnu Taimiyah pada abad ke 8 Hijriyah dan dikultuskan sebagai pendapat kaum Salaf oleh Wahabi. 

Oleh karena itu, ajaran Wahabi itu terputus dari ajaran kaum Salaf. Mereka bukan Salafi, tetapi Taimiy (nisbah kepada Ibnu Taimiyah) dan Wahabi. Kitab di atas yang diterbitkan oleh Wahabi, adalah bukti terbaik atas penyimpangan mereka dari ajaran kaum Salaf yang shaleh. Ajaran kaum salaf jelas bertabaruk dengan makam para wali. Wallahu a'lam


Ust. Muhammad Idrus Ramli
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger