Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Tradisi Membaca Al Fatihah

Tradisi Membaca Al Fatihah


Dalam tradisi umat Islam Indonesia, apabila mereka memiliki hajat yang ingin dikabulkan oleh Allah, biasanya dibacakan surah al-Fatihah, baik dibaca secara bersama-sama atau sendirian tergantung kondisinya. Tradisi ini sebenarnya berlangsung sejak generasi salaf yang shaleh.

Imam Abu al-Syaikh telah meriwayatkan dalam kitab al-Tsawab dari Imam Atha', seorang ulama salaf, radhiyallaahu 'anhu yang berkata:

" ﺇﺫﺍ ﺃﺭﺩﺕَ ﺣﺎﺟﺔً ﻓﺎﻗﺮﺃ ﺑﻔﺎﺗﺤﺔ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﺣﺘﻰ ﺗﺨﺘﻤﻬﺎ ﺗُﻘْﻀَﻰ ﺇﻥ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ "..

Apabila kamu menghendaki hajatmu dikabulkan, maka bacalah surah al-Fatihah hingga selesai, insya Allah hajatmu akan dikabulkan.

Berdasarkan atsar dari ulama salaf tersebut, Imam Mulla Ali al-Qari al-Hanafi berkata dalam kitabnya al-Asrar al-Marfu'ah hlm 253, terbitan Muassasah al-Risalah sebagai berikut:

" ﻭﻫﺬﺍ ﺃﺻﻞٌ ﻟِﻤَﺎ ﺗﻌﺎﺭﻑ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻠﻴﻪ ﻣِﻦ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﻔـﺎﺗﺤﺔ ﻟﻘﻀﺎﺀ ﺍﻟﺤﺎﺟﺎﺕ ﻭﺣﺼﻮﻝ ﺍﻟﻤﻬﻤﺎﺕ " ﺍﻫـ .

Atsar ini adalah dasar tradisi masyarakat Islam yang membaca surah al-Fatihah agar hajat dikabulkan dan urusan-urusan penting dapat dicapai.



Ust. Muhammad Idrus Ramli
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger