Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Beberapa Hal Tentang Anjing Penjaga

Beberapa Hal Tentang Anjing Penjaga

Nabi Nuh AS bermunajat, " Wahai Rabbku, Engkau perintahkan aku untuk membuat bahtera disiang hari sedangkan kaumku merusaknya di malam hari."


Allah memberi wahyu kepada Nabi Nuh, " peliharalah seekor anjing untuk menjaganya "


Kemudian Nabi Nuh memelihara anjing, ketika kaumnya pada datang di malam hari maka si anjing menggonggong kepada mereka dan membangunkan Nabi Nuh, Lalu beliau mengusir mereka.


Nabi Nuh AS adalah orang pertama yang menggunakan anjing sebagai penjaga.


Sebagian ulama' berkata tentang sebab tidak masuknya malaikat ke dalam rumah yang terdapat anjing di dalamnya karena anjing banyak memakan najis dan baunya tidak sedap dan karena sebagian anjing ada yang dinamai dengan syetan yaitu anjing hitam.


Hasil buruan dari anjing hitam hukumnya tidak halal,  jika dia lewat didepan orang yang sholat maka sholatnya orang tersebut batal menurut Imam Ahmad bin Hambal.


Menurut ulama' lainnya, sebab malaikat tidak masuk kerumah yang ada anjingnya karena anjing di ciptakan dari ludahnya syetan.


Kisahnya saat itu iblis laknatulloh meludahi Adam saat masih berupa tanah liat, lalu malaikat menggosok ludah tersebut dan jadilah pusar pada tempat yang digosok. Sedangkan tanah yang terkena ludahnya iblis oleh Allah dicipta menjadi anjing, malaikat dan syetan keduanya tidak akan berkumpul.

Anehnya :


Ketika anjing disembelih maka daging dan kulitnya suci menurut imam abu Hanifah.


Mas'alah:


Jika seseorang mempunyai seekor kambing dan mempunyai seekor anjing yang kelaparan namun anjing ini bukan anjing galak, maka dia wajib menyembelih kambingnya untuk diberikan kepada anjing tersebut jika memang tidak ada makanan lainnya dan tidak boleh membunuh anjing selain anjing yang galak.




Sumber: Kitab Nuzhatul Majaalis
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger