Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Keajaiban Isra Mi'raj (3)

Keajaiban Isra Mi'raj (3)

Perjalanan besar untuk suatu misi yang besar, memenuhi panggilan Ilahiyyah dengan iringan ribuan malaikat yang bersuka cita berkesempatan menghantarkan sekaligus mengawal perjalanan suci nan mulia.


Alam dihias penuh kemegahan dan kemewahan dan seluruh penghuni alam jagat raya sangat menantikan kesempatan untuk memandang wajah mulia hamba dan kecintaan Allah SWT. Manusia yang menjadi Sayyidnya alam semesta Nabi Agung Muhammad SAW. Sepanjang perjalanan para malaikat bershalawat dan salam, karena keingin tahuan mereka para malaikat kepada baginda Nabi Muhammad SAW, mereka bermohon kepada beliau SAW, ”Ya Sayyidi ya Rasulullah.. palingkan wajah muliamu kepada kami, agar kami dapat menyaksikan keelokan parasmu,” dengan kewibawaannya Rasulullah SAW menjawab, “bahwasanya seorang manusia yang telah sampai kepada kedudukan setinggi itu, tidaklah layak dan pantas berpaling kepada yang selain Allah SWT”.
 
Maka dengan khusu, hudur dan sukur, wajah mulia beliau terus menatap kedepan untuk satu tujuan penghadapan, sambil lisan beliau yang suci terus menghaturkan sanjungan dan pujian kepada Allah SWT.
 
Buroq dibawah kendali malaikat Jibril yang perkasa dengan navigator malaikat Mikail terus bergerak cepat melebihi kecepatan cahaya dan ketika itu Allah SWT berkenan untuk memperlihatkan realita-realita kehidupan semua makhluk. Ayat-ayat Allah yang agungpun begitu sempurna diterima oleh nabi kita Muhammad SAW.
 
Diantara ayat-ayat Allah SWT yang beliau ketahui, bahwasanya dalam perjalanan beliau SAW mendengar suara yang memanggil dari arah kanan dan kiri, kemudian dari arah depan ada seorang perempuan dengan bermacam-macam perhiasan ditubuhnya. Malaikat Jibrilpun menjelaskan bahwa panggilan dari arah kanan adalah panggilan Yahudi, panggilan dari arah kiri merupakan panggilan Nasrani, serta perempuan berhias adalah panggilan dunia. Jika saja Rasulullah SAW memenuhi salah satu panggilan tersebut, maka umatnya mengikuti ajakannya. 

Rasulullah juga bertemu dengan seorang pemuda tampan mengenakan pakaian yang indah, kemudian pemuda tersebut mencium kening Rasulullah SAW yang mulia dan setelah itu dia menghilang. Menurut malaikat Jibril pemuda tersebut adalah simbol agama islam yang memberitakan kegembiraan bahwa umatnya akan hidup dan mati dalam keadaan beragama Islam.
 
Rasulullah SAW melihat suatu kaum yang sedang memukuli kepalanya dengan batu sampai hancur, setelah hancur kepala itu kembali seperti semula, begitu seterusnya. Malaikat Jibril menjelaskan bahwa mereka adalah kaum-kaum yang meninggalkan Shalat, kaum yang meninggalkan zakat dilihat sebagai orang-orang yang memakan tumbuh-tumbuhanan Zakun (tumbuhan neraka sejenis tumbuhan kaktus dipadang pasir) yang merunduk seperti binatang ternak. Pelaku zina terlihat sebagai pemakan daging busuk, ahli-ahli pidato yang pandai berbicara tanpa beramal, kelak dineraka akan mengguntingi lidahnya sendiri dengan gunting api dan masih banyak lagi pemandangan yang beliau saksikan sepanjang perjalanan. (baca kitab Sarah Qisatul Mi`raj karya Syeikh Ahmad Ad-Dardiri).


Rasulullah SAW dalam perjalanan Isra, beberapa kali diajak turun ditempat-tempat tertentu dan melakukan shalat dua raka`at. Tempat-tempat tersebut adalah:
1. Thayyibah, sekarang lebih terkenal dengan sebutan Madinaturrasul Al-Munawarah.
2. Bukit tursina, yang pernah menjadi tempat percakapan secara langsung Nabi Musa as dengan Allah SWT.
3. Baitullahmi, bumi tempat lahirnya nabi Isa as.
4. Syajaratu Musa di Madyan, pohon yang pernah digunakan menjadi tempat berteduhnya nabi Musa as.
5. Masjidil Aqsa, dimasjid ini beliau shalat berjamaah dengan para nabi dan Rasulullah SAW menjadi imam, sejak itulah beliau disebut Imamul Anbiya wal Mursalin.

 
Pertemuan dengan para Anbiya wal Mursalin sekaligus shalat berjamaah dengan mereka, melahirkan rasa syukur tak terhingga dihati nabi yang mulia. Beliapun menghaturkan pujian yang agung dan indah untuk Allah `Azza wa Jalla:
 
“Segala puji bagi Allah SWT, yang telah mengutusku sebagai rahmat bagi alam semesta, mengutusku untuk semua manusia sebagai pembawa berita gembira, kebahagiaan dan sebagai pembawa berita ancaman dan azab. Segala puji bagi Allah SWT, yang telah menurunkan Al-Quran, didalamnya termaktub penjelasan segala sesuatu. Segala puji bagi Allah SWT, yang telah menjadikan umatku sebaik-baik umat yang dikeluarkan untuk semua manusia dan Allah telah menjadikan umatku umat yang paling benar, serta pujian kepada Allah yang telah menetapkan umatku sebagai yang terdahulu masuk surga dan yang terakhir dilahirkan kedunia. Segala puji bagi Allah SWT, yang telah melapangkan dadaku, menghilangkan dosa-dosaku, mengangkat penyebutan namaku dan yang telah menjadikan aku sebagai Al Fatih (pembuka) dan Al Khatim (penutup)”.
 
Kemudian malaikat Jibril memberikan beberapa jenis minuman, Rasulullah SAW memilih meminum susu yang menjadi pertanda bahwa umat Rasulullah SAW akan tetap berada dalam fitrahnya.
 
Setelah semua ritual di Masjidil Aqsa selesai, Buroqpun ditambatkan, maka diturunkan Mi`raj, suatu tangga dialam malakut yang memanjang dari langit ke Baitul Muqaddas. Tangga ini biasa digunakan olah para malaikat untuk membawa arwah kaum mu`minin menuju Tuhannya, kemudian bersama malaikat Jibril as, Rasulullah SAW naik kelangit melewati Mi`raj dengan kecepatan tak terhingga sehingga sampailah dilangit pertama yang terbuat dari emas, terkunci dengan cahaya dan pembukanya hanyalah lafadz Allah yang Agung.
 
Dengan penuh suka cita dan kegembiraan, malaikat panjaga mempertanyakan kepada malaikat Jibril, gerangan siapa yang datang bersamanya. Malaikat jibril memberitahukan bahwa dirinya datang bersama Nabi Muhammad SAW. Dahaga kerinduan atas cinta kepada Rasulullah SAW serta penantian panjang untuk suatu pertemuan terindah, serentak para malaikat menyambut penuh kebahagiaan yang tiada Tara: “Marhaban bihi wa ahlan, wahai kekasih yang telah diagungkan pangkatnya dan dimuliakan melebihi semua saudara dan khalifah, selamat datang wahai saudara dan khalifah terbaik, engkau adalah sebaik-baik orang yang kedatangannya sangat dinantikan”.



Ahlulkisa
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger