Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Oleh-oleh dari Haul Pendiri Ponpes Darul Hadis Malang

Oleh-oleh dari Haul Pendiri Ponpes Darul Hadis Malang

Salah satu rahasia penting para wali songo menyebarkan Islam di Jawa adalah dalam rangka menyelamatkan akidah Ahlus Sunnah wal Jamaah. Para Wali tersebut, yang sebagian asal usul keturunan berasal dari negeri di Timur Tengah, kemungkinan tahu dan sadar bahwa Ahlu Sunnah wal Jamaah kemungkinan akan tercerabut dari asalnya. Dan hal tersebut terbukti saat ini, dimana negeri di Mana Rasul dilahirkan, dibesarkan dan kemudian di wafatkan ternyata dikuasi oleh kaum wahabi. Kaum yang menganggap haul adalah bidah dholalah dan para pengamalnya sering mereka tuduh sebagai ahli neraka (inti Ceramah KH Baidlowi Muslih – Pengasuh Ponpes Gading Kasri Malang – Ketua MUI Malang).


Kemudian, terkait dengan hal tersebut, KH Ma’ruf Amin (Ketua MUI, Rais Syuriah PBNU , keturunan Syekh Nawawi al Bantani) menekankan bahwa kita harus memegang teguh akidah ahlus sunnah wal Jamah yang asli, bukan yang palsu. Karena, menurut beliau, sekarang banyak yang ngaku aswaja, namun tidak mengikuti ajaran yang dibawa oleh Rasullullah, para Shohabat, dan juga mengabaikan bahkan menganggap akidah sebagaimana diajarkan oleh Imam Asyari dan Imam Maturidi adalah ajaran yang sesat. Padahal, kita sepakat bahwa, Ajaran kedua Imam tersebut menjadi pilar dan ciri penting dari akidah ahlus sunnah wal jamaah.


Kemudian, salah satu ciri penting lainnya dari akidah ahlus sunnah wal jamaah adalah sikap “moderat”, tidak ikut ekstrem kanan ala ISIS dan pendukungnya atau ekstrem kiri ala “liberal” beserta temena-temannya. Ekstrem kanan berpotensi mematikan dan mengabaikan peran ijtihadi yang menjadi nyawa dalam keilmuan di Islam, sementara kalangan liberal, terlalu kebablasan sehingga ada diantara mereka yang bahkan dengan angkunya mengatakan bahwa Al Qur’an bisa diamandemen.


Oleh karena itu, Habib Ali Abdurrahman dari Jakarta memandang begitu besarnya peran penting Ponpes Darul Hadist Al Faqihiyah yang beraliran Ahlus Sunnah Wal Jamaah. Akidah Ahlus Sunnah wal Jamaah yang menjadikan cinta kepada Allah sebagai inti ajarannya, tidak mungkin bisa diimplementasikan tanpa mengikuti apa yang disampaikan dan diajarkan oleh RasulNya yang mulia, Muhammad SAW. Ajaran dan kecintaan tersebut tak mungkin bisa terealisasi dalam kenyataan jika kita tak mencintai habaib dan ulama yang menjadi pilar penting penyampai ilmu agama setelah ketiadaan sang Rasul tercinta. Oleh karena itulah, kehadiran ribuan  umat yang memadati haul pendiri Pponpes Darul Hadist, Habib Abdul Qadir bafaqih dan putranya Habib Abdullah bin Abdul Qadir, menjadi bukti bahwa beliau-beliau adalah orang-orang yang mulia, yang baik, yang dikenang tak hanya saat hidupnya namun juga saat kematiannya.


Hal ini juga sekaligus menggarisbawahi apa yang disampaikan oleh KH Baidhowi Muslih dan juga KH Ma’ruf Amin bahwa salah satu ciri kemuliaan seseorang bukanlah ketenaran saat kehidupannya, namun juga kemanfaatan setelah kematiannya. Orang yang telah matipun masih harum namanya, bukanlah orang biasa, namun salah satu tanda bahwa orang-orang tersebut adalah orang yang dicintai Allah SWT.


Semoga kita semua termasuk golongan dari orang-orang yang mencintai Habaib, ikut Ulama, dan tetap berpegang teguh dengan ajaran-ajaran guru-guru kita, sehingga kelak bersama-sama di akhirat, berkumpul dengan guru-guru kita yang kita hormati, berkumpul dengan habaib yang kita cintai, kemudian berjamaah menemui Rasulullah untuk selanjutnya bersama-sama menghadap Allah SWT di hari di saat kita mungkin gelisah menanti putusan atas apa yang telah kita perbuat di dunia. 




Malang, 26 Maret 2017 oleh Sahabat Facebook Remaja Musholla RAPI
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger