Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Remaja Masjid Nurul Mubin Gilang Gelar Pekan Ruwahan

Remaja Masjid Nurul Mubin Gilang Gelar Pekan Ruwahan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Remaja Masjid Nurul Mubin Gilang akan menggelar Pekan Ruwahan dan Haul Massal dalam bulan Sya’ban sekaligus menyambut datangnya Ramadhan 1438 H mulai tanggal 7 hingga 13 Mei 2017. Masjid yang terletak di Dukuh Pondok, Desa Bae, Kabupaten Kudus itu dikenal rutin mengadakan Pekan Ruwahan Tiap tahun.


Sebagaimana tradisi dari masyarakat muslim bahwa Bulan Sya’ban dalam kalender Hijriyah disebut juga Bulan Ruwah dalam penanggalan kalender Islam di Jawa. Bulan Ruwah dikenal dengan bulan kirim doa/ mendoakan arwah para leluhur  yang biasanya diisi dengan kegiatan doa bersama dan ziarah qubur yang disunnahkan.


Oleh karena itu, Remaja Masjid Nurul Mubin Gilang berinisiatif menyelenggarakan acara Ruwahan dan Haul Masal. Acara tidak hanya diisi dengan kegiatan Haul dan doa bersama, tetapi untuk melibatkan partisipasi masyarakat agar lebih cinta dengan masjid, panitia juga mengagendakan bermacam-macam perlombaan untuk anak-anak dan kegiatan khitanan Massal.


Adapun rangkaian kegiatan dalam Pekan Ruwahan dan Haul Massal ini adalah:


Lomba Keagamaan dan Ketangkasan


Dilaksanakan mulai hari Ahad 7 Mei 2017 hingga Rabu 10 Mei 2017 mulai ba’da Isya di Halaman utama dan serambi Masjid Nurul Mubin. Bagi yang ingin mendafatar untuk mengikuti lomba bisa datang ke Sekretariat Masjid Jami’ Nurul Mubin Gilang di Dukuh Pondok Desa Bae. Pendaftaran akan dilayani oleh Saudara Asyroful Anbiya, Zia Nailil Muna, dan Heni Ismawati hingga tanggal 6 Mei 2017.


Khitan Massal


Khitan Massal merupakan kegiatan yang selalu diagendakan di masjid Nurul Mubin setiap tahunnya. Untuk tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 12 Mei 2017 ba’da Jum’atan di Masjid Nurul Mubin. Pendaftaran peserta khitan massal dapat dilakukan melalui Bapak H. Qosim, S.Ag, MH (Koordinator Wilayah Krajan CP: 081325384829) dan Bapak Suja’I S.Pd (Koordinator Wilayah Bendo CP: 085225931272) hingga tanggal 6 Mei 2017. Uniknya, kegiatan khitan massal ini juga akan dimeriahkan oleh Marching Band Ibtidaul Falah. Menurut panitia, marching band tersebut selain untuk memeriahkan acara juga agar peserta khitan massal terhibur sehingga tidak terlalu takut akan disunat.


Kirim Doa


Acara kirim doa dilaksanakan pada hari Jumat 12 Mei 2017 mulai ba’da Isya. Acara ini diselenggarakan untuk mendoakan arwah leluhur para peserta. Nama-nama leluhur akan disebutkan dalam acara tersebut untuk didoakan. Selain mendoakan, acara seperti ini juga bermanfaat agar generasi muda mengenal leluhur-leluhurnya, mulai dari Mbah, Buyut, Canggah, Udeg-udeg dan seterusnya sehingga dapat mengikat tali persaudaraan dari Saudara-saudara yang mungkin belum mengetahui nama-nama leluhurnya.


Khotmil Qur’an dan Pengajian


Acara Puncak dari Pekan Ruwahan dan Haul Massal adalah Pengajian Umum yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu 13 Mei 2017 dengan penceramah Kyai Syaiful Huda (Cak Ipul Kudus). Sebelumnya, diadakan acara Khotmil qur’an bil Ghaib pada Sabtu pagi pukul 06.00 WIB
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger