Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Sinau Bareng Cak Nun SMP 1 Dawe: Khilafah Tak Perlu Dibahas

Sinau Bareng Cak Nun SMP 1 Dawe: Khilafah Tak Perlu Dibahas


Geger soal konsep negara yang memanas akhir-akhir ini turut menarik perhatian budayawan kondang Emha Ainun Najib atau yang akrab disapa Cak Nun. Menurutnya itu hanya akan membuang energi dan pemikiran secara sia-sia. Hal itu diungkapkan dalam acara Sinau Bareng Cak Nun di Lapangan SMP 1 Dawe pada hari Jumat 14 April 2017 yang lalu yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni SMP 1 Dawe 91.


“Njuk ngopo geger khilafah barang. Penting iku noto kesejahteraane masyarakat” tuturnya.


Beliau juga mengatakan bahwa sekarang ini banyak manusia yang gagal paham tentang identitas dan pribadinya. Malah ada pertanyaan, “pilih mana pemimpin kafir tapi jujur atau muslim tapi buruk”. 

Itu merupakan cara berpikir yang aneh dan tidak rasional. Cara berpikir seperti itu sama saja memberikan pilihan antara daging babi yang segar atau daging sapi yang busuk. “Pilih mana kalian?”, tanya Cak Nun ke hadirin.


Cak Nun juga mengibaratkan urusan agama dan negara semacam dapur dan halaman depan warung. Urusan agama itu selayaknya urusan dapur yang dipenuhi dengan resep rahasia, sedangkan negara itu urusan halam depan tentang bagaimana kita melayani orang. 

Jangan kebalik, Yang rahasia kita beberkan, akhirnya halaman depan tampak boboroknya.


Dalam acara tersebut, Cak Nun juga menegaskan bahwa tugasnya sebagai warga Indonesia adalah menjaga amanah berupa keutuhan NKRI yaitu dengan saling membantu satu sama lain tanpa memandang golongan.


Buletin Berita Ansoruna Kudus
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger