Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Jangan Tinggalkan Dzikir Saat Mulai Tergoda

Jangan Tinggalkan Dzikir Saat Mulai Tergoda


Dalam Kitab Al Hikam, Syaikh Ibnu Ataillah Assakandary menjelaskan, “Jangan tinggalkan dzikir hanya karena tidak bisa fokus/berkonstrasi kepada Allah (merasakan kesadaran hudhur) ketika berdzikir.Sebab, justru kelalaianmu (terhadap Allah) ketika tidak berdzikir jauh lebih buruk daripada kelalaianmu ketika berdzikir. 

Semoga Allah berkenan mengangkatmu dari dzikir penuh kelalaian menuju dzikir penuh kesadaran, dan dari dzikir penuh kesadaran menuju dzikir yang disemangati kehadiran-Nya, dan dari dzikir yang disemangati kehadiran-Nya menuju dzikir yang meniadakan segala sesuatu selain-Nya. ‘Dan yang demikian itu bagi Allah tidaklah sukar,””(QS 14: 2)

Sahabatku, pasti kita ingin merasakan hudhur bersama Allah saat shalat dan dzikir, ingin selalu fokus dan konsentrasi ketika sedang berdzikir, namun tentunya rasa seperti itu tidak setiap saat datang. 

Allahlah yang menentukan segalanya. Maka, saat kehadiran kesadaran semacam itu tak didapatkan, jangan tinggalkan dzikir! Lanjutkan dzikirmu dan jangan patah semangat! Lawanlah nafsumu sendiri.

Setiap salik pemula pasti ingin merasakan kedamaian, ketenangan dan merasakan kehadiran Allah saat berdzikir, maka jangan tergoda oleh ketidakberdayaan kita sendiri. Pencerahan batin dan kesadaran-kesadarannya tentu memiliki derajat-derajat dan tingkatan-tingkatannya, tingkat yang satu akan mengantar ke tingkat yang lainnya.

Kesadaran akhir yang pasti diinginkan adalah kesadaran bahwa Allah adalah sumber dari semua makhluk dan eksistensi. Kesadaran ini yang perlu kita raih, tujuan dan akhir dari semua praktik spiritual, yakni menyadari bahwa Dialah Sumber dan Maha Pemelihara Eksistensi. Demikian menurut Syekh Fadhlalla Haeri.



Ust. Halim Ambiya
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger