Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Bupati Kudus: Jangan Tinggalkan Budaya Leluhur

Bupati Kudus: Jangan Tinggalkan Budaya Leluhur

TRIBUNNEWS.COM,KUDUS–Modernisasi dan kemajuan biasanya identik dengan menanggalkan tradisi. Mengantisipasi ini, Bupati Kudus H. Musthofa punya prinsip yang berbeda.

Menurutnya, budaya dan tradisi leluhur justru harus jadi akar kemajuan. Hal tersebut dikatakannya usai pagelaran visualisasi tradisi Dhandangan di Kudus, Jumat 25/7/2017).

“Sejarah membuktikan, masa gemilang Nusantara justru terjadi ketika akar budaya dan tradisi dipegang kuat. Budaya leluhur adalah sendi kekuatan bangsa. Bagaimana bisa maju, jika penopang kekuatan dilupakan,” ujar Musthofa.

Dalam keterangannya yang disampaikan kepada tribunnews.com, ia memberikan contoh, bangunan megah, karya seni dan keahlian yang dimiliki oleh para leluhur adalah buah dari sikap memegang teguh nilai tradisi.

“Sebagai contoh dari Kudus adalah filosofi Gus-Ji- Gang (Bagus, Ngaji, Dagang). Yaitu ciri masyarakat Kudus yang berperilaku bagus, mau terus belajar, dan memiliki jiwa berwirausaha," paparnya.

"Ini merupakan budaya warisan Sunan Kudus yang hingga kini tetap terjaga. Bisa dilihat dari kesuksesan masyarakat Kudus yang tak pernah berhenti melahirkan pengusaha-pengusaha sukses," kata Musthofa yang juga Pembina Forum UMKM Jawa Tengah ini.

Ia juga mengaku, nilai tradisi tersebut juga dipegangnya ketika melakukan sejumlah inovasi di Kabupaten Kudus.

“Kami pegang erat tradisi yang diajarkan Sunan Kudus, mengembangkan semua sektor. Sektor pendidikan, UMKM, kesehatan, termasuk transparansi layanan publik dibangun berlandaskan tradisi. Ada keterbukaan antara rakyat dengan kami, mengoptimalkan potensi lokal berkelas internasional,” lanjut Musthofa.

Musthofa bahkan ingin menularkan semangat yang sama ke daerah lain, terutama Jawa Tengah.

“Kami ingin dari Kudus untuk Indonesia kuasai dunia. Oleh karena itu, mari datang ke Kudus dan berbagi gagasan. Bila perlu, saya sendiri yang akan berkeliling menjadi duta dari semangat kemajuan yang berlandaskan tradisi dan budaya leluhur,” Musthofa memastikan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger