Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Santri PSKQ Kudus Juara Dunia Kaligrafi di Turki

Santri PSKQ Kudus Juara Dunia Kaligrafi di Turki



Kudus melalui PSKQ (Pesantren Seni Kaligrafi Qur’an) Modern kembali meraih kebanggaan melalui hasil positif yang diraih para alumni PSKQ Modern dalam Lomba Kaligrafi tingkat dunia tahun ini yang diselenggarakan di Turki. Tidak tanggung-tanggung, Ustadz Huda purnawadi dan Ustadz Sahryansyah Sirajuddin berhasil menyabet juara tiga dan juara harapan satu Kategori Khath pada lomba “7 tape7 sanat International Istanbul Classic Arts Competition 2017” yang digelar beberapa waktu lalu di Istanbul, Turki.
Ustadz Huda Purnawadi yang juga alumni SMA Al Ma’ruf Kudus, berasal dari Pati. Beliau belajar kaligrafi dasar kepada Ustadz Haji Purwanto Zain dan Ustaz Haji. Nur Syukran, kemudian berlanjut menjadi Santri KH. Nur Aufa Shiddiq yang menyelesaikan belajarnya pada tahun 2011 dan menjadi kader Santri PSKQ Modern angkatan 2013. 
Sedangkan Ustadz Sahryansyah Sirajuddin merupakan alumni PSKQ yang berasal dari Kalimantan Timur dan saat ini mukim di Turki untuk belajar kaligrafi langsung dengan para Maestro kaligrafi dunia hingga saat ini,” ujar Ust. Assiry seperti dikutip dari laman isknews.com.
Dalam kategori Khat, Indonesia berhasil menyabet dua gelar yaitu Juara Tiga dan Juara Harapan. Sementara itu, juara pertama dan kedua di rebut oleh kaligrafer asal Irak yaitu Saman Abdulhaling Gadir dan Karzan Abubekir Kerim.

Dalam kejuaran kaligrafi dunia ini, tuan rumah Turki memboyong berbagai gelar. Turki  bahkan menyapu bersih gelar untuk kategori Tezhip melalui Hashatun Eyuboglu, Ismail Cokuk, Ferda Ertok, Serap Oz, Deniz Guralp, dan Meliha Kantaro. Sedangkan untuk kategori Minyatur, Turki hanya menyabet gelar juara tiga dan juara harapan melalui Halime Gokturk dan Merve Karli.

Kaligrafer berprestasi lainnya dalam ajang ini berasal dari Iran yang mendominasi kategori Minyatur melalui Majid Fattahi yang menjadi juara pertama, Rasoul Gandomi, Habib Moradi, dan Amineh Rabei.

Sementara itu, pimpinan PSKQ Modern Kudus, Ust. Assiry dalam situs resmi PSKQ, menyampaikan selamat kepada alumni PSKQ yang berprestasi dalam ajang ini. Beliau berharap santri-santri PSKQ juga dapat mengikuti jejak kakak-kakanya dalam meraih prestasi.
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger