Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » , » Sedekah Di Bulan Ramadhan (1)

Sedekah Di Bulan Ramadhan (1)

Diriwayatkan dalam Shahih Al-Bukhari dan Muslim, dari  Ibnu Abbas raldhiallahu 'anhuma, ia berkata, "Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  adalah  orang  yang  paling  dermawan,  dan beliau  lebih  dermawan  pada  bulan Ramadhan,  saat  beliau  ditemui  Jibril  untuk membacakan  kepadanya  Al-Qur'an.  Jibril  menemui  beliau  setiap  malam  pada bulan Ramadhan, lalu membacakan kepadanya Al-Qur'an. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam  ketika  ditemui  Jibril  lebih  dermawan  dalam  kebaikan  daripada angin yang berhembus.” 

Hadits ini diriwayatkan pula oleh Ahmad dengan tambahan, "Dan beliau tidak pernah dimintai sesuatu kecuali memberikannya. " 

Dan menurut riwayat Al-Baihaqi, dari Aisyah radhiallahu 'anha, "Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  jika  masuk  bulan  Ramadhan membebaskan setiap tawanan dan memberi setiap orang yang meminta. " 

Kedermawanan adalah sifat murah hati dan banyak memberi. Allah pun bersifat Maha Pemurah, Allah Ta'ala Maha Pemurah, kedermawanan-Nya berlipat ganda pada waktu-waktu tertentu seperti bulan Ramadhan. 

Dan  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  adalah  manusia  yang  paling dermawan,  juga  paling mulia,  paling  berani  dan  amat  sempurna  dalam  segala sifat  yang  terpuji;  kedermawanan  beliau  pada  bulan Ramadhan  berlipat  ganda dibanding  bulan-bulan  lainnya,  sebagaimana  kemurahan  Tuhannya  berlipat ganda pada bulan ini.

Berbagai  pelajaran  yang  dapat  diambil  dari  berlipatgandanya  kedermawanan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di bulan Ramadhan Bahwa kesempatan ini amat berharga dan melipatgandakan amal kebaikan. 

Membantu orang-orang yang berpuasa dan berdzikir untuk senantiasa taat, agar memperoleh pahala seperti pahala mereka; sebagaimana siapa yang membekali orang  yang  berperang  maka  ia  memperoleh  seperti  pahala  orang  yang berperang,  dan  siapa  yang  menanggung  dengan  balk  keluarga  orang  yang berperang maka ia memperoleh pula seperti pahala orang yang berperang. 

Dinyatakan  dalam  hadits  Zaid  bin Khalid  dari Nabi  shallallahu  'alaihi wasallam beliau bersabda, "Barangsiapa  memberi  makan  kepada  orang  yang  berpuasa  maka  baginya seperti  pahala  orang  yang  berpuasa  itu  tanpa  mengurangi  sedikitpun  dari pahalanya. " (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi). 

Bulan Ramadhan adalah saat Allah berderma kepada para hamba-Nya dengan rahmat,  ampunan  dan  pembebasan  dari  api  Neraka,  terutama  pada  Lailatul Qadar  Allah  Ta  'ala  melimpahkan  kasih-Nya  kepada  para  hamba-Nya  yang bersifat  kasih, maka  barangsiapa  berderma  kepada  para  hamba Allah  niscaya Allah Maha  Pemurah  kepadanya  dengan  anugerah  dan  kebaikan.  Balasan  itu adalah sejenis dengan amal perbuatan.  Puasa  dan  sedekah  bila  dikerjakan  bersama-sama  termasuk  sebab  masuk Surga. 

Dinyatakan  dalam  hadits  Ali  radhiallahu  'anhu,  bahwa  Nabi  shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Sungguh di Surga  terdapat  ruangan-ruangan yang bagian  luamya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar." Maka berdirilah kepada beliau seorang Arab Badui seraya berkata: “Untuk siapakah ruangan-ruangan  itu wahai Rasulullah?  Jawab beliau:  "Untuk siapa saja yang berkata baik, memberi makan,  selalu  berpuasa  dan  shalat malam  ketika  orang-orang  dalam  keadaan tidur. " (HR. At-Tirmidzi dan Abu Isa berkata, hadits ini gharib)

Semua  kriteria  ini  terdapat  dalam  bulan  Ramadhan.  Terkumpul  bagi  orang mukmin  dalam  bulan  ini;  puasa,  shalat  malam,  sedekah  dan  perkataan  baik. Karena pada waktu  ini orang  yang berpuasa dilarang dari perkataan  kotor dan perbuatan  keji.  Sedangkan  shalat,  puasa  dan  sedekah  dapat  menghantarkan pelakunya kepada Allah Ta 'ala.


Ust. Hakam Trunojoyo
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger