Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Ada Apa Dengan Jumat

Ada Apa Dengan Jumat

Pembaca yang dirahamati Allah SWT, bukan rahasia lagi bahwa Hari Jumat adalah salah satu hari yang begitu dimuliakan Allah. Nah di dalam tulisan ini kita akan membahas tentang apa saja sih keutamaan Hari Jumat ini.

1.  Satu-Satunya Hari Yang Disebut Dalam Al-Quran

Dari tujuh hari yang ada, hanya Jum'atlah yang disebut dalam Al-Quran bahkan dijadikan sebagai salah satu nama surat dalam Al-Quran yaitu Surat Al-Jumuah, mantep nggak tuh.

2.  Sebaik-Baik Hari

Nabi Muhammad SAW bersabda,

« ﺧَﻴْﺮُ ﻳَﻮْﻡٍ ﻃَﻠَﻌَﺖْ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲُ ﻳَﻮْﻡُ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ، ﻓِﻴﻪِ ﺧُﻠِﻖَ ﺁﺩَﻡُ، ﻭَﻓِﻴﻪِ ﺃُﺩْﺧِﻞَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ، ﻭَﻓِﻴﻪِ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﻣِﻨْﻬَﺎ، ﻭَﻟَﺎ ﺗَﻘُﻮﻡُ ﺍﻟﺴَّﺎﻋَﺔُ ﺇِﻟَّﺎ ﻓِﻲ ﻳَﻮْﻡِ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ »

"Sebaik-baiknya hari yang menjadi terbitnya matahari adalah Hari Jumat. Di hari itulah diciptakan Nabi Adam Alaihissalam, di hari itu pulalah beliau dimasukkan dan dikeluarkan dari syurga. Dan tidaklah terjadi kiamat kecuali di Hari Jumat". (HR.Imam Muslim)

3.  Dibebaskannya Penduduk Neraka

Rasulullloh SAW bersabda,

ﺇﻥ ﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﻓﻲ ﻛﻞ ﺟﻤﻌﺔ ﺳﺘﻤﺎﺋﺔ ﺃﻟﻒ ﻋﺘﻴﻖ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ

"Sesungguhnya Allah Subhaanahu Wa Ta'ala membebaskan enam ratus ribu orang dari neraka di Hari Jumat" (HR. Ibn Hibban).

Semoga kita termasuk salah satu dari orang-orang yanng diselamatkan dari neraka, amiin.

4.  Keistimewaan Orang Yang Mati Di Hari Itu

Mengenai agungnya derajat orang yang meninggal di hari tersebut, Nabi Muhammad Shollallohu alaihi wa sallam bersabda,

ﻣﻦ ﻣﺎﺕ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺍﻭ ﻟﻴﻠﺘﻬﺎ ﻛﺘﺐ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻪ ﺃﺟﺮ ﺷﻬﻴﺪ ﻭﻭﻗﻲ ﻓﺘﻨﺔ ﺍﻟﻘﺒﺮ

"Barangsiapa meninggal di Hari atau Malam Jumat maka Allah memberinya pahala orang mati syahid dan dijaga dari fitnah (bahaya) kubur" (HR.Hakim dan At-Tirmidzi).

5.  Waktu Yang Mustajab Untuk Doa

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Syafi'i bahwa Rasulullah bersabda,

ﺃَﺗَﻰ ﺟِﺒْﺮِﻳﻞُ ﺑِﻤِﺮْﺁﺓٍ ﺑَﻴْﻀَﺎﺀَ ﻓِﻴﻬَﺎ ﻭَﻛْﺘَﺔٌ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ، ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : ‏« ﻣَﺎ ﻫَﺬِﻩِ؟ ‏» ﻗَﺎﻝَ : ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔُ ﻓُﻀِّﻠْﺖَ ﺑِﻬَﺎ ﺃَﻧْﺖَ ﻭَﺃُﻣَّﺘُﻚَ، ﻓَﺎﻟﻨَّﺎﺱُ ﻟَﻜُﻢْ ﻓِﻴﻬَﺎ ﺗَﺒَﻊٌ، ﺍﻟْﻴَﻬُﻮﺩُ ﻭَﺍﻟﻨَّﺼَﺎﺭَﻯ، ﻭَﻟَﻜُﻢْ ﻓِﻴﻬَﺎ ﺧَﻴْﺮٌ، ﻭَﻓِﻴﻬَﺎ ﺳَﺎﻋَﺔٌ ﻟَﺎ ﻳُﻮَﺍﻓِﻘُﻬَﺎ ﻣُﺆْﻣِﻦٌ ﻳَﺪْﻋُﻮ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺑِﺨَﻴْﺮٍ ﺇِﻟَّﺎ ﺍﺳْﺘُﺠِﻴﺐَ ﻟَﻪُ .

"Malaikat Jibril datang kepadaku dengan membawa cermin berwarna putih yang di dalamnya ada pesan untuk Nabi Shollallohu alaihi wa sallam. Kemudian Nabi bersabda, "Wahai Jibril, Apa ini?". Kemudian Malaikat Jibril Menjawab, "Ini adalah Hari Jumat. Engkau dan ummat mu mendapatkan keunggulan dari umat lain baik Nasrani ataupun Nashrani berkat hari ini. Di dalamnya banyak sekali kebaikan untuk kalian. Di hari itu juga ada sebuah waktu yang jika seseorang berdoa di waktu tersebut dengan kebaikan maka pasti akan dikabulkan oleh Allah" (Musnad Imam Syafii dan Al-Ausath Imam Thobroni).

6. Malam Jumat Itu Istimewa

Malam Jumat memiliki kedudukan yang khusus di sisi Allah Subhaanahu wa ta'la, Rasulullah SAW  menerangkan,

ﺧﻤﺲ ﻟﻴﺎﻝ ﻻﺗﺮﺩ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ . ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻭﻝ ﻟﻴﻠﺔ ﻣﻦ ﺭﺟﺐ، ﻭﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻨﺼﻒ ﻣﻦ ﺷﻌﺒﺎﻥ، ﻭﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ، ﻭﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻔﻄﺮ، ﻭﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻨﺤﺮ .

"Ada lima malam yang di dalamnya doa tidak akan ditolak. Yaitu malam pertama dari Bulan Rajab, malam Nishfu Sya'ban, Malam Jumat, malam hari raya Idul Fitri, dan Malam Iedhul Adha." (HR.Ad-Dailami)



Ust. Ajir Ubaidillah
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger