Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Alumni Banat NU Halal bi Halal di Taman Budaya Kudus

Alumni Banat NU Halal bi Halal di Taman Budaya Kudus


Forum Silaturahim Alumni Banat NU (FORSIKABANU) Kudus mengadakan acara Halal bi Halal pada Sabtu 8 Juli 2017 di Gedung Kesenian Taman Budaya Kudus yang terletak di Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae (Sebelah utara Musholla RAPI). Dalam kegiatan yang sekaligus pembentukan kepengurusan baru itu, Siti Nafisatun terpilih sebagai ketua FORSIKABANU periode 2016 – 2021.

Forum ini merupakan wadah bagi alumni dari Madrasah Banat. Dengan alumni berasal dari Kudus dan daerah lainnya. Seperti Jepara, Pati, dan Jakarta.


Sebenarnya ikatan alumni Banat sudah terbentuk sejak 1989.  Namanya ketika itu adalah IKABANU. IKABANU sendiri telah terbentuk sejak dekade awal berdirinya MA NU Banat. Dalam dua dekade awal, IKABANU sebagai wadah komunikasi para alumni pada masanya, berhasil melaksanakan beberapa kali acara temu alumni. Namun, pada dekade terakhir, IKABANU yang kepengurusannya dipegang oleh Ibu Eni Khumaisyiyyah mulai menyusut eksistensinya. Dan oleh karena itu, komunikasi antar alumni pun semakin berkurang.

Atas dasar inilah, pada tahun 2008, ketua Badan Pelaksana Pendidikan Ma'arif NU Banat Kudus mengutus beberapa alumni untuk hadir dalam penanganan kembali forum alumni tersebut. Diawali dengan pertemuan pengurus Pondok Pesantren Yanaabii'ul 'Ulum war Rohmah pada tahun 2008, terbentuklah suatu forum peremajaan IKABANU yang bernama FORSIKABANU. Peremajaan ini tidak hanya melalui perubahan nama, namun juga sistem dan kepengurusan.

Manajemen wadah alumni yang dulunya dikelola oleh alumni yang sudah berumah tangga, kinipun diubah dengan dikelola oleh alumni muda yang masih duduk di bangku perkuliahan. Dengan semangat muda inilah, Halal bi Halal bi Halal perdana FORSIKABANU pada tahun 2008 dapat terlaksana hingga saat ini.

Dalam Halal bi Halal tersebut, Sejumlah kegiatan disepakati akan dilaksanakan oleh FORSIKABANU di tiap wilayah. Dengan gagasan kegiatan dari masing-masing wilayah sendiri. Pengajian, pelatihan, dan sejumlah kegiatan yang positif, seperti halnya bagi-bagi takjil akan selalu diselenggarakan saat bulan Ramadhan dengan memanfaatkan para alumni.

Acara di Taman Budaya tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa Bae, Kepala Polsek Bae, dan Komandan Rayon Militer Bae.



Foto by Anggota FORSIKABANU
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger