وفي الصَّحِيحَيْنِ كان النبي صلى اللَّهُ عليه وسلم إذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ
وهو جُنُبٌ غَسَلَ فَرْجَهُ وَتَوَضَّأَ وُضُوءَهُ لِلصَّلَاةِ وكان صلى اللَّهُ
عليه وسلم إذَا كان جُنُبًا فَأَرَادَ أَنْ يَأْكُلَ أو يَنَامَ تَوَضَّأَ
وُضُوءَهُ لِلصَّلَاةِ
وقيس بالجنب الحائض والنفساء إذا انقطع دمهما وبالأكل والشرب والحكمة في ذلك
تخفيف الحدث غالبا والتنظيف وقيل لعله ينشط للغسل
Dalam Riwayat Bukhari dan Muslim,
”adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bila hendak tidur
sementara beliau junub membasuh kelaminnya dan mengambil wudhu sebagaimana
wudhunya untuk mengerjakan shalat”.
”adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam saat beliau junub dan
berkehendak makan mengambil wudhu sebagaimana wudhunya untuk mengerjakan
shalat”.
Hikmah wudhu bagi orang junub menjalankan wudhu Meringankan hadats yang
sedang ia tanggung, Kebersihan, dan Memberi kesemangatan dalam bersegera mandi
(Asnaa al-Mathaalib I/68, Mughni al-Muhtaaj I/63 ).
قال أصحابنا ويكره للجنب أن ينام حتي يتوضأ ويستحب إذا اراد أن يأكل أو يشرب أو
يطأ من وطئها أولا أو غيرها أن يتوضأ وضوءه للصلاة ويغسل فرجه في كل هذه الاحوال
(Al-Majmuu’ ala Syarh al-Muhaddzab II/156)
ويكره للجنب الأكل والشرب والنوم والجماع قبل غسل الفرج والوضوء وكذا منقطعة
الحيض والنفاس
(Al-Muqaddimah al-Hadramiyyah I/43)
( ويكره للجنب الأكل والشرب والنوم والجماع قبل غسل الفرج والوضوء ) لما صح من
الأمر به في الجماع وللاتباع في البقية إلا الشرب فمقيس على الأكل
( وكذا منقطعة الحيض والنفاس ) فيكره لها ذلك كالجنب بل أولى
(Minhaj alQawim I/95)
قال أصحابنا ويكره للجنب أن ينام حتي يتوضأ ويستحب إذا اراد أن يأكل أو يشرب أو
يطأ من وطئها أولا أو غيرها أن يتوضأ وضوءه للصلاة ويغسل فرجه في كل هذه الاحوال
Berkata Para pengikut Imam as-Syafi'i "Dimakruhkan bagi orang junub
tidak hingga ia wudhu dan disunahkan bila hendak makan atau minum atau
menggauli istri yang ia gauli pertama atau lainnya menjalankan wudhu
sebagaimana wudhu saat ia hendak shalat dan juga disunahkan membasuh kemaluannya"
(Al-Majmuu’ ala Syarh al-Muhaddzab II/156)
ويكره للجنب الأكل والشرب والنوم والجماع قبل غسل الفرج والوضوء وكذا منقطعة
الحيض والنفاس
Dimakruhkan bagi orang junub makan, minum, tidur dan senggama sebelum ia
membasuh kemaluannya dan melakukan wudhu begitu juga bagi wanita yang telah
putus haid dan nifasnya. (Al-Muqaddimah al-Hadramiyyah I/43).
( ويكره للجنب الأكل والشرب والنوم والجماع قبل غسل الفرج والوضوء ) لما صح من
الأمر به في الجماع وللاتباع في البقية إلا الشرب فمقيس على الأكل
( وكذا منقطعة الحيض والنفاس ) فيكره لها ذلك كالجنب بل أولى
Dimakruhkan bagi orang junub (untuk) makan, minum, tidur dan senggama sebelum ia
membasuh kemaluannya dan melakukan wudhu karena berdasarkan perintah agama yang
shahih dalam masalah senggama dan mengikuti nabi dalam masalah lainnya kecuali
dalam masalah minum yang hukumnya diqiyaskan pada masalah makan, begitu juga
bagi wanita yang telah putus haid dan nifasnya maka makruh baginya sebagaimana
orang junub bahkan baginya lebih utama. (Minhaj alQawim I/95). Wallohu a'lam.
http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/doc/280140342008781/ oleh
Ust. Masaji Antoro pengasuh PISS KTB
Posting Komentar